Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Saluran Air Purbakala Ditemukan di Dekat Ruas Tol Pandaan-Malang

BPCB Jawa Timur menemukan arung atau saluran air purbakala di sisi timur ruas utama jalan Tol Pandaan-Malang tepatnya di Kilometer 37.

Editor: Dewi Agustina
zoom-in Saluran Air Purbakala Ditemukan di Dekat Ruas Tol Pandaan-Malang
tribunjatim.com/Aminatus Sofya
Arkeolog BPCB Jatim menemukan arung atau saluran air masa lalu di dekat ruas tol Pandaan-Malang. TRIBUNJATIM.COM/AMINATUS SOFYA 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Aminatus Sofya

TRIBUNNEWS.COM, MALANG - Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur (Jatim) menemukan arung atau saluran air purbakala di sisi timur ruas utama jalan Tol Pandaan-Malang tepatnya di Kilometer 37.

Pantauan TribunJatim.com di lokasi, arung yang ditemukan berada di bawah tebing di bantaran Sungai Amprong atau sekitar 100 meter dari sisi barat ruas utama Tol Pandaan-Malang.

Sebagian lubang arung tertutup oleh gundukan tanah hasil ekskavasi jalan tol.

"Apakah nanti saluran air itu berhubungan dengan situs atau tidak, itu akan kami selidiki," kata Arkeolog Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur (Jatim), Wicaksono Dwi Nugroho, Sabtu (16/3/2019).

Ia menjelaskan arung kerap ditemukan di beberapa daerah termasuk di Mojokerto, Banyuwangi, Kediri dan Jogjakarta.

Pada zaman kerajaan masa lalu, arung digunakan untuk drainase maupun jalan rahasia bagi seorang raja untuk melarikan diri.

Baca: Kisah Abdul Aziz Rela Tinggalkan 4 Anaknya di Masjid Demi Mengalihkan Perhatian Teroris Brenton

BERITA TERKAIT

"Sepertinya ada strategi dari pendahulu kita tentang bagaimana untuk mengatur drainase kemudian ada hubungannya dengan Keraton. Misal kita tarik lagi ke masa yang lebih muda dimana terdapat terowongan atau arung di Keraton Jogjakarta," katanya.

Menurut Wicaksono, penemuan arung tidak berdampak signifikan untuk memecahkan teka-teki situs purbakala yang kini tengah diekskavasi.

Hanya saja kata dia, penemuan arung menandakan bahwa sebaran struktur bangunan kemungkinan juga berada di sisi timur ruas tol.

"Dampaknya pada keputusan yang akan diambil oleh Jasa Marga. Jika kemarin akan digeser ke sisi timur atau ke bantaran Sungai Amprong, terus sekarang ketemu lagi arung. Jadi biar kami laporkan saja temuan-temuan dan kajian kami," ucapnya.

Proses ekskavasi situs purbakala di ruas tol Pandaan-Malang dilakukam sejak Selasa (12/3/2019).

Ekskavasi diperpanjang hingga lima hari atau sampai Kamis (21/3/2019) mendatang.

Artikel ini telah tayang di Tribunjatim.com dengan judul Arkeolog Temukan Saluran Air Purbakala di Dekat Ruas Tol Pandaan-Malang

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas