Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Tangki Truk Meledak di Kenjeran, Begini Penjelasan Polisi

Ledakan yang begitu kuat, juga disebabkan oleh tekanan udara di dalam tangki yang meningkat drastis, lantaran katup pengisian tertutup

Editor: Eko Sutriyanto
zoom-in Tangki Truk Meledak di Kenjeran, Begini Penjelasan Polisi
surabaya.tribunnews.com/ahmad zaimul haq
Polisi memeriksa lokasi ledakan tangki di sebuah depo di Jalan Nambangan, Surabaya, Senin (29/4). Satu orang tewas dalam insiden yang berawal dari saat proses pengelasan bagian tangga truk tersebut 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Luhur Pambudi

TRIBUNNEWS.COM, SURABAYA - Bersumber dari api dari alat pengelasan, sebuah tangki truk meledak di kawasan Tanah Kali Kedinding, kenjeran, Surabaya, Senin (29/4/2019).

Kanit Reskrim Polsek Kenjeran, Ipda Endri mengungkapkan, sebelum insiden nahas itu terjadi, diketahui dua karyawan bagian pengelasan itu sedang memperbaiki tangki truk bernopol L-9764-UL berkapasatar muatan 20.000 liter.

Arif Agung Nugroho (35) warga Jl Keres, Surabaya, serta Abu Choiri, warga Sedati, Sidoarjo mengerjakan proses perbaikan di dalam area PT Surya Mitra Tirtra Kencana di Jalan Nambangan No 116, Tanah Kali Kedinding, Kenjeran, Senin (29/4/2019).

Informasinya, Arif sedang melakukan pengelasan pada bagian luar tangki menaiki tangga sedangkan Abu, berada di bagian bawah tangki.

"Mereka sedang lakukan beberapa perbaikan yang kurang di tangki itu. Ngelasnya pakai las listrik," katanya, Senin (29/4/2019).

Baca: Sedang Hamil, Isteri Pelaku Serangan Bom Di Sri Lanka Ledakan Diri

Saat tangki meledak sekitar pukul 09.30 WIB, Arif yang saat itu berada di atas tangki, langsung terpental ke sisi barat sejauh 30 meter.

BERITA REKOMENDASI

Ia  jatuh mengenai atap rumah warga yang benama Santi (29), sedangkan, tubuh Abu terpental ke sisi lain dan terjerembab dengan penuh luka.

"Korban meninggal sampai terpental, kalau yang luka sempat terpental di area pabrik, karena di bawah tangki," lanjutnya.

Endri mengungkapkan, truk tanker itu milik PT Surya Mitra Tirtra Kencana yang bergerak di jasa angkutan barang.

"Itu jasa angkutan, dan memiliki beberapa tangki, biasanya menerima orderan minyak kelapa, minyak sawit, minyak residu," ucapnya.

Baca: Kronologi Truk Tangki Masuk Jurang di Padang, Sopir Gugup hingga Korban Ditemukan 300 Meter dari TKP

Kebetulan, tangki yang meledak itu dalam kondisi kosong, bekas memuat cairan minyak goreng namun, kondisi lambung tangki telah dikuras dari cairan sisa muatan minyak.

"Tangki yang di las muat minyak goreng, tapi sudah dicuci," ujarnya.

Endri menilai, ledakan yang begitu kuat, juga disebabkan oleh tekanan udara di dalam tangki yang meningkat drastis, lantaran katup pengisian di bagian atas tangki dalam kondisi tertutup.

Sehingga, saat gas bertekanan tinggi di dalam lambung tangki itu tersulut api alat pengelasan, maka timbullah ledakan tersebut.

"Makanya tangki kalau istirahat kan harus dibuka, apalagi mau ngelas," tukasnya.

Baca: Anak Pengamen Jadi Korban Rudapaksa Oknum PNS di Kalbar, Begini Penjelasan Polisi

Sejauh ini pihaknya masih mengamankan kabel pengelas dan travo las listrik yang sebelumnya digunakan para korban untuk mengelas, sebagai barang bukti.

Endri mengaku belum bisa menyimpulkan insiden tersebut diakibatkan faktor kelalaian atau murni sebagai kecelakaan.

Kasus ini akan dilimpahkan, ke Polres pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, untuk pengusutan lebih lanjut.

Sumber: Tribun Jatim
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas