Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

266 Hektare Tanaman Padi di Ciamis Gagal Panen, Hanya Sebagian Kecil Dilindungi Asuransi

Memasuki awal bulan Juli di musim kemarau ini, setidak ada 1.040 hektare sawah di Ciamis mengalami kekeringan yang tersebar di 12 kecamatan.

Editor: Sugiyarto
zoom-in 266 Hektare Tanaman Padi di Ciamis Gagal Panen, Hanya Sebagian Kecil Dilindungi Asuransi
TRIBUN JABAR/TRIBUN JABAR/Bukbis Candra Ismet Bey
tanaman padi puso 

Laporan Wartawan Tribun Jabar Andri M Dani

TRIBUNNEWS.COM, CIAMIS– Memasuki awal bulan Juli di musim kemarau ini, setidak ada 1.040 hektare sawah di Ciamis mengalami kekeringan yang tersebar di 12 kecamatan.

Level ancaman kekeringan di ribuan hektare sawah itu mulai dari ringan, sedang, hingga berat. Luas sawah yang sudah mengalami kekeringan parah alias sudah puso mencapai 266 hektare.

“Luas kekeringan berat atau paling parah mencapai 226 hektare, kondisinya sudah puso. Ada di Kecamatan Banjaranyar dan Kecamatan Banjarsari, sawah tadah hujan,” ujar Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Ciamis, Ir Hj Kustini MP, seusai pembukaan Hari Krida Pertanian (HKP) ke-47 di lapangan Sadananya, Selasa (2/7/2019).

HKP yang dihadiri perwakilan 27 kecamatan di Ciamis tersebut oleh Bupati Ciamis, DR H Herdiat Sunarya MM dan Wabup Yana D Putra.

HKP ke-47 ini juga dimeriahkan dengan Festival Kopi Ciamis dari 12 kecamatan penghasil kopi di Ciamis.

Ribuan hektare sawah yang mengalami kekeringan tersebut sebagian besar berada di  kecamatan kecamatan yang merupakan lumbung pangan Ciamis seperti Purwodadi, Lakbok, Banjarsari, Banjaranyar, Pamarican, Ciamis kota dan kecamatan lainnya.

2 Kecamatan di Tasikmalaya Sudah Alami Kekeringan, Diprediksi Akan Bertambah

BERITA TERKAIT

Bahkan di Banjaranyar dan Banjarsari sekitar 266 hektare sudah mengalami kekeringan parah (berat) dan dipastikan sudah puso (gagal panen).

Ratusan hektare sawah yang mengalami puso tesebut merupakan sawah tadah hujan yang hamper dipastikan tidak bisa diselamatkan karena sumber air tidak tersedia. Petani pun salah perhitungan waktu tanam.

Dari 266 hektare sawah yang puso tersebut  kata Kustini yang didampingi kasi sarana dan prasarana hanya 20% atau sekitar 60 hektare yang dilindungi dengan asuransi tani. “Dari yang puso itu hanya 20% yang dilindung asuransi,” katanya.

Memasuki musim tanam (MT) 2019 ini kata dari 35.000 hektare sawah di Ciamis baru  2.200 hektar sawah yang dilindungi asuransi tani. Dan target tahun 2019 ini di Ciamis 6.000 hektare sawah yang diasuransi tanikan.

“Tahun 2018 lalu target  4.500 hektare tercapai 5.080 hektare sawah yang diasuransikan,” ujar Kustini.

Untuk mengasuransikan sawah, petani harus membayar asuransi hanya Rp 36.000/hektare  dari kewajiban Rp 180.000 (lebihnya disubsidi oleh pemerintah).

Tak Terairi Sebulan, 30 Persen Sawah di Sukaraja Alami Kekeringan, Tanah Retak-retak

Bibit Padi Terbaru Disiapkan Dispangtan Kota Cimahi untuk Sawah yang Kekeringan

Sawah yang diasuransikan akan mendapat klaim Rp 6 juta per hektare bagi sawah yang sudah mengalami puso. Petani diberi waktu 14 hari untuk mengklaim asuransi dengan pengantar teknis dari dinas pertanian.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas