Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Begini Hasil Pemeriksaan Kejiwaan Wanita Pembawa Anjing di Dalam Masjid

Kepala RS Polri Kramat Jati, Brigjen Pol Musyafak beri pernyataan terkait wanita yang membawa anjing di dalam masjid adalah mengidap gangguan jiwa.

Editor: Whiesa Daniswara
zoom-in Begini Hasil Pemeriksaan Kejiwaan Wanita Pembawa Anjing di Dalam Masjid
Capture Youtube
Kepala RS Polri Kramat Jati, Brigjen Pol Musyafak beri pernyataan terkait wanita yang membawa anjing di dalam masjid adalah mengidap gangguan jiwa. 

Kepala Rumah Sakit Polri Kramat Jati, Brigjen Pol Musyafak memberikan pernyataan terkait wanita yang membawa anjing di dalam masjid adalah mengidap gangguan jiwa.

TRIBUNNEWS.COM - Hasil pemeriksaan kejiwaan tim dokter RS Polri terhadap SM (52), wnita yang melepas anjingnya di Masjid Al Munawaroh, Kabupaten Bogor pada Minggu (30/6/2019) kini sudah keluar.

Kepala Rumah Sakit (Karumkit) RS Polri Brigjen Pol Musyafak mengatakan SM dipastikan mengidap gangguan jiwa setelah pihaknya melakukan observasi medis sejak Senin (1/7/2019).

Hasil observasi kejiwaan SM juga diperkuat dengan pernyataan dokter jiwa RS Siloam Bogor dan RS Priemer Bintarilo yang pernah menangani SM.

Baca: Wanita Pembawa Anjing ke Masjid di Bogor Ditetapkan Sebagai Tersangka Penodaan Agama

Baca: Kondisi Terkini Anjing yang Viral Dibawa Wanita ke Dalam Masjid, Ditemukan Tewas Para Pecinta Hewan

"Dan memang dari hasil pengalaman penyakit dahulu ditangani dokter tersebut. Kemudian penanganan dari ahli kami, kami bisa simpulkan penyakit skizofrenia," kata Musyafak di RS Polri Kramat Jati, Selasa (2/7/2019).

Saat diantar penyidik Polres Kabupaten Bogor kemarin, Musyafak menuturkan SM dalam kondisi tak stabil sehingga tak bisa diwawancarai.

Baru setelah diberi suntikan penenang SM yang kini berstatus tersangka atau dijerat pasal 156a KUHP tentang Penodaan Agama bisa diwawancarai dokter.

BERITA TERKAIT

"Pas datang pertamakali memang gelisah dan agak kurang stabil kemudian kami lakukan pemeriksaan sekaligus berikan penanganan dengan injeksi oleh dokter ahli psikiater, akhirnya agak tenang," ujarnya.

Baca: Ini Kondisi Anjing yang Viral Dibawa Wanita ke Dalam Masjid di Sentul, Ditemukan Pecinta Hewan

Baca: Polisi Tetapkan Wanita yang Bawa Anjing ke Dalam Masjid Sebagai Tersangka, DKM Gandeng 17 Pengacara

Perihal apakah SM mengingat telah melepas anjing di Masjid Al Munawaroh, Musyafak menuturkan proses wawancara yang dilakukan tim dokter tak membahas masalah itu.

Tim dokter gabungan yang beranggotakan 6 dokter jiwa itu fokus menangani kejiwaan SM guna menentukan pengobatan yang tepat bagi SM.

"Kita arahnya ke penyakitnya dan kelainan kejiwaannya supaya lebih stabil, supaya lebih membaik dan segera untuk proses perawatan selanjutnya," tuturnya.

Lantaran dipastikan mengidap gangguan jiwa, Musyafak menyarankan agar SM dirawat di RS Jiwa sehingga dapat ditangani dengan baik.

Baca: Perempuan yang Membawa Anjing ke Dalam Masjid Kini Jadi Tersangka

Baca: Wanita yang Bawa Anjing ke Dalam Masjid Dilaporkan ke Polisi Atas 3 Tuduhan, Ini Imbauan MUI

Dia menyarankan SM dirawat di RS Jiwa yang berlokasi di sekitar Bogor, namun hal itu menurutnya ditentukan pihak keluarga atau penyidik Satreskrim Polres Kabupaten Bogor.

"Kami arahkan ke rumah yang terdekat dengan rumah SM, yaitu di Bogor. Adapun pelaksanaannya apakah di Bogor, di Grogol yah ditentukan keluarga atau penyidik," kata Musyafak.

(TribunJakarta.com/Bima Putra)

Artikel ini telah tayang di Tribunjakarta.com dengan judul Kepala RS Polri Kramat Jati Pastikan SM Wanita Lepas Anjing di Masjid Mengidap Gangguan Jiwa

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas