Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pertamina Investigasi Penyebab Kebakaran di Kilang RU V Balikpapan

PT Pertamina (Persero) tengah melakukan investigasi mendalam terkait penyebab kebakaran yang terjadi di kilang Balikpapan.

Editor: Dewi Agustina
zoom-in Pertamina Investigasi Penyebab Kebakaran di Kilang RU V Balikpapan
TribunKaltim.CO/Fachmi Rachman
Petugas Pertamina memadamkan api yang membakar pipa di area proyek RDMP Pertamina Balikpapan, Kamis (15/8/2019. Hingga berita ini diturunksn petugas masih berusaha menguasai api yang membakar pipa. TribunKaltim.CO/Fachmi Rachman 

TRIBUNNEWS.COM, BALIKPAPAN - PT Pertamina (Persero) tengah melakukan investigasi mendalam terkait penyebab kebakaran yang terjadi di kilang Balikpapan.

Manager Region Communication Relation and CSR Kalimantan PT Pertamina, Heppy Wulansari mengatakan Pipa di RU V terbakar, Pertamina sigap melakukan pemadaman.

Kebakaran terjadi di salah satu pipa di dalam area kilang RU V Balikpapan.




Percikan api diduga muncul sekitar pukul 09.30 Wita saat dilakukan perbaikan pipa.

Hingga saat ini pemadaman api terus dilakukan oleh Pertamina RU V menggunakan media foam dan air dengan mengerahkan 4 unit Damkar dan 1 unit trailer foam.

Untuk saat ini lokasi api sudah dilokalisir dan jalur api utama berhasil dipadamkan.

Hingga saat ini masih belum diperlukan evakuasi dan pemadaman bisa ditanggulangi oleh Pertamina.

BERITA TERKAIT

"Adapun penyebab kebakaran masih menunggu hasil investigasi oleh tim internal Pertamina. Namun, untuk penyebab pastinya kebakaran masih menunggu investigasi," katanya.

Seperti diketahui, pagi ini masyarakat di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur dikagetkan dengan kepulan asap hitam yang sudah membubung tinggi pada pagi ini.

Sebelumnya, kobaran api di area kilang dekat pintu V Pertamina, Balikpapan kembali menyala dan kembali menggegerkan warga sekitar area kilang.

Ketua RT. 39 Pandan Arum, Kelurahan Karang Jati, Suharto (54) mengatakan, dirinya pertama kali melihat api di area pertamina tersebut sekitar pukul 09.15 Wita dan api tersebut menyala sekitar hampir 30 menit baru dapat dipadamkan.

Petugas Pertamina memadamkan api yang membakar pipa di area proyek RDMP Pertamina Balikpapan, Kamis (15/8/2019. Hingga berita ini diturunksn petugas masih berusaha menguasai api yang membakar pipa. TribunKaltim.CO/Fachmi Rachman
Petugas Pertamina memadamkan api yang membakar pipa di area proyek RDMP Pertamina Balikpapan, Kamis (15/8/2019. Hingga berita ini diturunksn petugas masih berusaha menguasai api yang membakar pipa. TribunKaltim.CO/Fachmi Rachman (TribunKaltim.CO/Fachmi Rachman)

Tapi tak berselang lima menit kemudian, api kembali menyala dan lebih besar sehingga kembali membuat warga sekitar area kilang dekat pintu V Pertamina, Balikpapan menjadi panik.

"Gak ada suara ledakan, saya lihat langsung asap dan api saja," ujarnya.

Ia menjelaskan, seminggu yang lalu dirinya sempat diberi himbauan dari Pertamina melalui kelurahan bahwa sewaktu-waktu akan ada pembuangan kotoran atau limbah, sehingga masyarakat diminta tidak panik.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Kaltim
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas