Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Tim Ekspedisi Sriwijaya Temukan 82 Manusia Purba Berusia 4 Ribu Tahun di Goa Harimau

Tim Ekspedisi Sriwijaya menemukan penampakan 82 individu manusia purba berusia 4 ribu tahun di Goa Harimau.

Editor: Dewi Agustina
zoom-in Tim Ekspedisi Sriwijaya Temukan 82 Manusia Purba Berusia 4 Ribu Tahun di Goa Harimau
Sriwijaya Post
Tim Ekspedisi Sriwijaya menemukan penampakan 82 individu manusia purba berusia 4 ribu tahun di Goa Harimau. 

Laporan Wartawan Sripoku.com, Odi Aria

TRIBUNNEWS.COM, PALEMBANG - Tim Ekspedisi Sriwijaya menemukan penampakan 82 individu manusia purba berusia 4 ribu tahun di Goa Harimau.

Penampakan individu manusia purba itu didapatkan setelah tim Ekspedisi Sriwijaya melakukan perjalanan mencari jejak nenek moyang yang berlanjut ke Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sabtu (31/8/2019).

Hasil temuan ini merupakan penelusuran tim Ekspedisi Sriwijaya di OKU dilakukan di Goa Harimau Desa Padang Bindu, Kecamatan Semidang Aji, Kabupaten OKU.

Untuk menemukan manusia purba berusia 4 ribu tahun itu, Tim Ekspedisi Sriwijaya harus menyusuri medan yang harus dilalui.

Tim Sripo-Tribun harus menembus hutan dan kebun karet milik warga.

Baca: Operasi Pencarian Korban Pembantaian di KM Mina Sejati Dihentikan, 21 ABK Dianggap Hilang

Selain harus menembus hutan, tim ekspedisi juga harus melewati anak Sungai Khaman.

BERITA TERKAIT

Setibanya di depan Goa Harimau, tim Ekspedisi Sriwijaya kembali dihadapi dengan rintangan menaiki 105 anak tangga.

Juru Pelihara Goa Harimau, Dodi Candra mengungkapkan goa tersebut merupakan situs cagar budaya yang terdapat 82 individu (orang) manusia purba diperkirakan berusia 4 ribu tahun.

Fosil-fosil yang berada di dalam Goa Harimau dibagi ke dalam dua generasi yakni Ras Mongoloid (3500 tahun) dan astromelanesis (4.000 tahun).

Tim Ekspedisi Sriwijaya menemukan penampakan 82 individu manusia purba berusia 4 ribu tahun di Goa Harimau.
Tim Ekspedisi Sriwijaya menemukan penampakan 82 individu manusia purba berusia 4 ribu tahun di Goa Harimau. (Sriwijaya Post)

Ras mongoloid diprediksi merupakan orang zaman purba berasal dadi Mongolia dan ras astromelanesis merupakan suku dari Aborigin Australia.

"Di dalam goa ini fosil yang ada sebagian masih ada yang asli dan replika. Hingga saat ini baru ditemukan 82 individu," katanya.

Ia menjelaskan, keberadaan fosil tersebut memperkuat hasil penelitian para ahli bahwa ada kehidupan di zaman batu di Goa Harimau.

Baca: Kasus Pembunuhan 4 Bersaudara di Banyumas, Edi Pranoto Selamat karena Tak Tinggal Bersama Misem

Selain fosil manusia, di goa tersebut juga banyak ditemui peralatan manusia seperti kapak batu, gerabah serta perlengkapan lainnya.

Menurut penelitian para arkeolog, di lapisan tanah paling bawah Goa Harimau terdapat kehidupan manusia zaman batu yang berusia diperkirakan 60 ribu tahun.

"Kalau kata para ahli di lapisan paling bawah bahkan usia fosilnya mencapai 60 ribu tahun. Fosil ini setelah melalui tes DNA dengan warga sekitar, masih ada kaitannya dengan orang asli Padang Bindu," jelasnya.

Artikel ini telah tayang di sripoku.com dengan judul Ekspedisi Sriwijaya Temukan 82 Manusia Purba Usia 4 Ribu Tahun di Gua Harimau Ini Penampakannya

Sumber: Sriwijaya Post
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas