Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Gibran Disarankan Maju Jadi Wakil Wali Kota Solo Saja

Hendri mengatakan Gibran dapat mendampingi Wali Kota yang diambil dari tokoh senior Solo, PNS, militer, polisi, pengusaha ataupun orang partai.

Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Gibran Disarankan Maju Jadi Wakil Wali Kota Solo Saja
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Putra Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka menaiki mobil usai melakukan pertemuan tertutup dengan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri di kediaman Megawati di Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta, Kamis (24/10/2019). Pertemuan tersebut membahas pencalonan dirinya sebagai bakal calon Wali Kota Solo. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pengamat komunikasi politik Universitas Paramadina, Hendri Satrio, menilai kesan elegan akan lebih terlihat apabila Gibran Rakabuming mengajukan diri sebagai Wakil Wali Kota Solo, dan bukan Wali Kota Solo.

Ia menyebut Gibran harus mempertimbangkan tokoh-tokoh yang lebih senior untuk maju bersamanya sehingga dapat lebih diterima oleh tokoh-tokoh di Solo.

"Saran saya sebaiknya mempertimbangkan tokoh-tokoh lain yang lebih senior bisa diajak berperan serta dalam pencalonan Gibran. Menurut saya nggak ada ruginya juga Gibran jadi orang kedua Wakil Wali Kota," ujar Hendri, ketika dihubungi Tribunnews.com, Selasa (29/10/2019).

Hendri mengatakan Gibran dapat mendampingi Wali Kota yang diambil dari tokoh senior Solo, PNS, militer, polisi, pengusaha ataupun orang partai.

Baca: Tak Dipilih Jokowi untuk Jadi Menteri, Ini Jatah Jabatan Yusril Ihza Mahendra, akan Ada Lembaga Baru

Menurutnya hal itu akan lebih elegan dan lebih baik bagi putra pertama Presiden Jokowi tersebut untuk menjalankan peran sebagai orang kedua dulu di Solo.

"Jadi menurut saya itu akan lebih elegan. Nanti kan 2023 Ganjar (Prabowo) selesai, nah itu bisa nyalon juga, bisa maju juga di 2024 jadi wakil gubernur atau langsung jadi gubernur juga nggak apa-apa. Tapi Wakil Wali Kota ini dijalani dulu menurut saya itu akan lebih baik," kata dia.

Namun demikian, pria yang mengidolakan klub sepakbola Liverpool FC itu tak bermaksud menghalangi Gibran Maju dalam Pilwalkot Solo.

BERITA TERKAIT

Ia pun memprediksi jika Gibran nantinya akan tetap menang mudah di perhelatan politik tersebut.

"Pokoknya salah satu jalan keluarnya ya pertimbangkan jadi nomor dua, Wakil Wali Kota. Nomor satunya tetap tokoh senior. Boleh nggak kalau tetap jadi Wali Kota? Ya boleh. Akan menang? Menang mudah pasti, kemungkinan menang mudahnya besar Gibran," tandasnya.

Sebelumnya diberitakan, Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani menyebut, peluang putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka untuk maju sebagai calon Wali Kota Solo masih terbuka lebar, meski DPC PDIP Solo telah memiliki calonnya sendiri.

Puan menegaskan, kesempatan Gibran masih sama dengan calon-calon lainnya yang juga ikut mendaftar. Adapun mekanisme pendaftaran, kata dia, dapat melalui DPC, DPD, dan DPP.

"Jadi mendaftar di DPC, mendaftar di DPD, kemudian kalaupun di DPD itu sudah tutup, kemudian yang bersangkutan itu bisa mencalonkan melalui DPP partai. Jadi jenjang itu sebenarnya masih bisa dilakukan dan mekanisme itu bisa saja dilakukan," ucap Puan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (28/10/2019).

Menurutnya, saat ini belum ada keputusan resmi siapa yang akan diajukan oleh PDIP untuk posisi calon Wali Kota Solo.

Ketua DPR RI ini mengatakan, setiap pendaftar termasuk Gibran, nantinya akan mengikuti proses uji kelayakan dan kepatutan sebelum akhirnya diputuskan maju atau tidaknya pada Pilkada Solo 2020.

"Jadi memang selama belum ada keputusan kita membuka lebar pintu pendaftaran bagi siapa saja yang berminat untuk maju pilkada atau menjadi calon yang akan ikut pilkada melalui jenjang kepartaian tersebut," ujarnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas