Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Hari Ini 8 Tahun Lalu: Jembatan Kukar Runtuh Hingga Menewaskan Puluhan Korban

Jembatan Kukar, dengan konstruksi mirip Golden Gate di San Fransisco, ambruk dalam hitungan detik ke Sungai Mahakam.

Editor: Dewi Agustina
zoom-in Hari Ini 8 Tahun Lalu: Jembatan Kukar Runtuh Hingga Menewaskan Puluhan Korban
Tribun Kaltim
Tepat hari ini, delapan tahun lalu, 26 November 2011, tragedi bencana konstruksi terjadi di Kabupaten Kutai Kartanegara atau Kukar, Provinsi Kalimantan Timur. 

TRIBUNNEWS.COM, KUKAR - Tepat hari ini, delapan tahun lalu, 26 November 2011, tragedi bencana konstruksi terjadi di Kabupaten Kutai Kartanegara atau Kukar, Provinsi Kalimantan Timur.

Jembatan Kukar, dengan konstruksi mirip Golden Gate di San Fransisco, ambruk dalam hitungan detik ke Sungai Mahakam.

Puluhan warga yang saat itu melintas di Jembatan yang menghubungkan Kota Samarinda dan Tenggarong Kutai Kartanegara pun tewas.

Peristiwa runtuhnya menara Jembatan Kukar tersebut terjadi pada Sabtu (26/11/2011) sore. Waktu kejadian sekitar pukul 16.20 Wita.

Jembatan Mahakam II atau Jembatan Kutai Kartanegara merupakan proyek pembangunan jembatan yang kedua di Kalimantan Timur setelah yang pertama yaitu Jembatan Mahakam I yang berada di ibu kota Provinsi Kaltim, yaitu Samarinda.

Keunikan Jembatan Mahakam II yang bernama lain Jembatan Kutai Kartanegara ini adalah memiliki desain nyaris sama dengan Golden Gate di San Fransisco, Amerika Serikat.

Tim SAR berhasil mengangkat satu mobil dari reruntuhan Jembatan Kutai Kertanegara, Minggu (4/12/2011). Mobil Xenia berwarna hijau daun yang masih tergantung di krane ini adalah mobil Budiyanto, yang tewas sekeluarga bersama runtuhnya jembatan, namun jasadnya sudah ditemukan.
Tim SAR berhasil mengangkat satu mobil dari reruntuhan Jembatan Kutai Kertanegara, Minggu (4/12/2011). Mobil Xenia berwarna hijau daun yang masih tergantung di krane ini adalah mobil Budiyanto, yang tewas sekeluarga bersama runtuhnya jembatan, namun jasadnya sudah ditemukan. (Tribun Kaltim/Doan E Pardede)

Jembatan Tenggarong tergolong suspension cable bridge dan membentang sejauh 710 meter dan lebar 9 meter.

BERITA TERKAIT

Jembatan ini merupakan penghubung antara Kota Tenggarong dan Kota Samarinda.

Fungsinya bukan sekadar sarana transportasi melainkan juga telah menjadi daya tarik wisata di Tenggarong.

Jembatan mulai dibangun pada tahun 1995 dan selesai pada 2001 dengan kontraktor PT Hutama Karya yang menangani proyek pembangunan jembatan tersebut.

Jembatan Gerbang Dayaku Kutai Kartanegara (Kukar) yang membentang di atas Sungai Mahakam dibuat serupa dengan Jembatan Golden Gate di Amerika.

Baca: Keberadaan Balita 4 Tahun yang Menghilang di PAUD Samarinda Masih Misterius

Baca: Residivis Kasus Pencurian Kembali Ditangkap Setelah Rampas Hp dan Bawa Kabur Motor

Pembangunan jembatan yang menghubungan antara Tenggarong dan Tenggarong Seberang ini dilakukan setelah melakukan studi banding di Amerika.

Hal ini diungkapkan oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum Djoko Murjanto.

"Studi-studi ada banyak. Kita studi ke sana. Yang sekolah di Amerika kan banyak," ujar Djoko di Jakarta, Senin (28/11/2011).

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas