Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Mau Tahun Baruan di Pangandaran, Belasan Wisatawan dari Jakarta Malah Keracunan Nasi Bungkus

Setidaknya tujuh orang wisatawan asal Jakarta sempat dirawat di Puskesmas Pangandaran dan lima lainnya diinfus di Posko Lifeguard karena keracunan

Editor: Sugiyarto
zoom-in Mau Tahun Baruan di Pangandaran, Belasan Wisatawan dari Jakarta Malah Keracunan Nasi Bungkus
Budiyanto/Kompas.com
ilustrasi 

TRIBUNNEWS.COM, PANGANDARAN - Setidaknya tujuh orang wisatawan asal Jakarta sempat dirawat di Puskesmas Pangandaran dan lima lainnya diinfus di Posko Lifeguard Pantai Barat Pangandaran karena mengalami keracunan.

Mereka mengalami mual-mual, pusing, muntah-muntah, dan buang air besar setelah sebelumnya makan nasi bungkus yang menjadi bekal mereka bawa dari rumah.

Karena kejadian tersebut, sebagian besar rombongan memilih kembali ke Jakarta dan batal berlibur melewatkan malam tahun baru di Pangandaran.




“Total sampai siang tadi ada tujuh pasien dengan gejala keracunan sempat dirawat di puskesmas (Pangandaran). Tadi yang visite-nya dr. Tiwi,” ujar dr Aries kepada Tribun.

Selain itu, kata dr Aries, ada juga lima wisatawan yang mengalami keracunan yang sempat diinfus di Posko Lifeguard Pantai Barat.

“Sementara yang di puskesmas menjelang sore tadi masih ada dua orang lagi. Lainnya sudah pulang, ada juga yang pulang paksa. Katanya mau kembali ke Jakarta,” katanya.

Kata dr Aries pihaknya masih terus mendata jumlah wisatawan yang mengalami keracunan tersebut.

BERITA TERKAIT

“Mereka menginap di sebuah hotel. Rombongan dari Jakarta, tapi ada juga yang ber-KTP Garut. Mengalami keracunan setelah mengkonsumsi bekal yang dibawa dari rumah. Bukan menyantap makanan yang disediakan pihak hotel,”,” ujar dr Aries.

Sehari sebelum kejadian tersebut, kata dr Aries, pihak Kemenkes dan BPOM sudah melakukan pengecekan menu yang disediakan setiap hotel dan penginapan di Pangandaran.  

“Dari hari hasil pemeriksaan menu yang disediakan hotel, aman,” katanya.

Total wisatawan asal Jakarta yang mengalami keracunan usai menyantap bekal yang mereka bawa sendiri dari rumah tersebut kata dr Aries masih terus didata.

“Kami masih mengecek di tempat lainnya seperti di Polairud, tapi memang  ada  yang memilih pulang ke Jakarta,” ujar dr Aries.

Artikel ini telah tayang di tribunjabar.id dengan judul Hendak Tahun Baruan di Pangandaran, Belasan Wisatawan Asal Jakarta Alami Keracunan, https://jabar.tribunnews.com/2019/12/31/hendak-tahun-baruan-di-pangandaran-belasan-wisatawan-asal-jakarta-alami-keracunan.

Sumber: Tribun Jabar
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas