Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Sarudin Habiskan Dana Desa Rp 500 Juta untuk Foya-foya dan Bayar Utang

Sarudin (45), diketahui menyalahgunakan dana desa tahun 2017. Dana sebesar Rp 500 juta malah digunakan untuk foya-foya dan membayar utang.

Sarudin Habiskan Dana Desa Rp 500 Juta untuk Foya-foya dan Bayar Utang
HANDOUT
Sarudin (45), mantan Kepala Desa Gedung Agung, Kecamatan kota Agung, saat berada di Polres Lahat, Sumatera Selatan. Ia ditangkap polisi lantaran telah menghabiskan dana desa untuk kepentingan pribadi serta membayar utang, Jumat (24/1/2020 

TRIBUNNEWS.COM, LAHAT - Seorang mantan Kepala Desa Gedung Agung, Kecamatan kota Agung, Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan, Sarudin (45), diketahui menyalahgunakan dana desa tahun 2017.

Dana sebesar Rp 500 juta malah digunakan untuk foya-foya dan membayar utang.

Kini Sarudin harus mendekam di penjara akibat perbuatannya.

Saat itu, tersangka Sarudin diketahui menjabat sebagai kepala Desa Gedung Agung periode 2013-2018.

"Hasil penyidikan didapati pada tahun 2017, Desa Gedung Agung mendapat kucuran dana desa sebesar Rp 700 juta yang diperuntukkan pembangunan sejumlah proyek infrastruktur namun ternyata tak sesuai dengan RAB," kata Irwansyah di kantornya, Jumat (24/1/2020).

Dia menambahkan, dari total anggaran Rp 700 juta, hanya Rp 200 juta yang digunakan untuk pembangunan infrastruktur.

Sementara, sisanya digunakan untuk kepentingan pribadi tersangka.

"Sisanya dipakai untuk berfoya-foya dan membayar utang saat pencalonan tersangka sebagai kades. Tersangka ini sudah tidak lagi menjabat  sebagai Kepala Desa Gedung Adung " jelas Irwansyah.

Saat ini, Sarudin telah ditahan di Polres Lahat untuk selanjutnya dilimpahkan ke pihak Kejaksaan guna menjalani persidangan.

"Berkas perkaranya telah dinyatakan  P21 dan selanjutnya akan dilimpahkan ke kejaksaan," ujarnya. (Kompas.com/Aji YK Putra)

Sumber: Kompas.com https://amp.kompas.com/regional/read/2020/01/24/16372391/habiskan-dana-desa-untuk-foya-foya-dan-bayar-utang-mantan-kades-di-sumsel

Editor: Sugiyarto
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas