Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Gempa Bumi 4,0 SR Guncang Karangasem dan Buleleng

Hasil analisa Badan Meteologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan gempa bumi ini berkekuatan Magnitudo (M) sebesar 4,0 Skala Richter (SR).

Gempa Bumi 4,0 SR Guncang Karangasem dan Buleleng
TRIBUN BATAM
Ilustrasi Gempa Bumi : Wilayah Karangasem dan Buleleng kembali diguncang gempa bumi tektonik pada pukul 09.14 Wita, Selasa (12/5/2020). 

TRIBUNNEWS.COM, DENPASAR - Wilayah Karangasem dan Buleleng kembali diguncang gempa bumi tektonik pada pukul 09.14 Wita, Selasa (12/5/2020).

Hasil analisa Badan Meteologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan gempa bumi ini berkekuatan Magnitudo (M) sebesar 4,0 Skala Richter (SR).

Episenternya terletak pada koordinat 8,41 LS dan 115.94 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 25 km Barat Daya Lombok Utara-NTB, pada kedalaman 10 km.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar aktif busur belakang atau Back Arc Thrust.

Berdasarkan laptan masyarakat, dampak gempa bumi ini berupa guncangan dirasakan di wilayah Karangasem dan Buleleng II Modified Mercalli Intensity (MMI) dimana getaran dirasakan oleh beberapa orang dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Gempa bumi ini juga berdasarkan hasil pemodelan menunjukkan tidak berpotensi tsunami dan hingga pukul 09.40 Wita, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan.

Baca: Di Tengah Pandemi Corona, Tiga Napi Rutan Rengat Riau Masih Kendalikan Peredaran Narkoba dari Lapas

Kendati demikian, masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya.

Pihak BMKG mengingatkan, informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi.

Artikel ini telah tayang di tribun-bali.com dengan judul Gempabumi 4,0 SR Guncang Karangasem dan Buleleng, BMKG: Tak Berpotensi Tsunami

Editor: Dewi Agustina
Sumber: Tribun Bali
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas