Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

PKS Cari Koalisi untuk Usung Calon Lawan Gibran Rakabuming di Pilkada Solo

Fikri menyebut PKS terbuka kepada semua pihak, termasuk Achmad Purnomo yang saat ini menjabat sebagai Wakil Wali Kota Solo

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Imanuel Nicolas Manafe
zoom-in PKS Cari Koalisi untuk Usung Calon Lawan Gibran Rakabuming di Pilkada Solo
dpr.go.id
Wakil Ketua Komisi X DPR RI Abdul Fikri Faqih saat saat memimpin rapat kerja dengan Menteri Perdagangan di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (22/10/2018). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) akan mengusung calon kepala daerah untuk melawan pasangan Gibran Rakabuming Raka - Teguh Prakoso dalam Pilkada Solo 9 Desember 2020.

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah PKS Jawa Tengah Abdul Fikri Faqih mengatakan, PKS telah membangun komunikasi dengan partai politik lainnya untuk berkoalisi untuk mengusung calon wali kota dan wakil wali kota Solo.

Baca: Gibran Maju Pilkada Solo 2020, Risma: Semoga Bisa Wujudkan Cita-Citanya




"Di Solo kan baru PDIP yang sudah jelas, partai lain belum jelas usung siapa, kalau baru lisan saja (dukung Gibran), itu tidak bisa dipercaya. Jadi saya kira ini peluang dan kami bangun komunikasi dengan partai lain," papar Fikri saat dihubungi Tribunnews, Jakarta, Minggu (19/7/2020).

Menurut Fikri, PKS memiliki prinsip mengkonsolidasikan kehidupan demokrasi supaya sehat.

Sehingga, masyarakat Solo perlu diberikan banyak pilihan dalam menentukan pemimpinnya.

"Kalau tidak dikasih opsi lain, itu namanya tidak demokrasi. Jadi ada pilihan visi misi yang bagus yang mana, tidak diarahkan ke satu opsi saja," ucap Fikri.

BERITA TERKAIT

Terkait sosok yang akan dimajukan Pilkada Solo, Fikri menyebut PKS terbuka kepada semua pihak, termasuk Achmad Purnomo yang saat ini menjabat sebagai Wakil Wali Kota Solo.

"Opsinya seperti itu bisa (majukan Purnomo), tapi kami akan bertanya ke kader, tanya ke umat, umat itu ada Muhammadiyah, NU dan lainnya," papar Fikri

"Jadi PKS komunikasi semua pihak dan terbuka, termasuk Pak Purnomo, kami sudah lama berkomunikask dengan beliau juga. Tapi tidak bisa PKS ambil, ada mekanismenya," sambung Fikri.

Diketahui, jumlah kursi di DPRD Solo sebanyak 45 kursi, 30 kursi diraih PDIP, sisanya PKS 5 kursi, Gerindra, Golkar, PAN masing-masing 3 kursi dan PSI 1 kursi.

Baca: Gibran Jadi Calon Wali Kota Solo, Ini Deretan Bisnisnya, Tahun Lalu dapat Suntikan Modal Rp71 Miliar

Syarat untuk mengajukan calon sendiri adalah 9 kursi atau 20 persen dari total kursi.

Oleh sebab itu, jika PKS mengusung calon kepala daerah di Kota Solo, maka harus berkoalisi dengan partai lain.

Diperkirakan Bakal Menang Mudah

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas