Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Sebelum Terdampar di Lhokseumawe, Ratusan Imigran Rohingya Ternyata 7 Bulan Terombang-ambing di Laut

Konflik berdemensi agama yang terjadi di negaranya, memaksa etnis muslim Rohingya bermigrasi membelah lautan menggunakan kapal kayu sederhana.

Editor: Dewi Agustina
zoom-in Sebelum Terdampar di Lhokseumawe, Ratusan Imigran Rohingya Ternyata 7 Bulan Terombang-ambing di Laut
Serambinews.com
Wanita etnis Rohingnya tertidur lelap usai terdampar di pantai Ujong Blang, Lhokseumawe. Kini Mereka telah direlokasi ke BLK, Kandang, Lhokseumawe, Senin (7/9/2020). 

TRIBUNNEWS.COM, LHOKSEUMAWE - Tampak raut wajah kelelahan ratusan imigran Rohingya yang terdampar di Pantai Ujong Blang, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe, Senin (7/9/2020) sekitar pukul 01.00 WIB dini hari. Sebagian dari mereka bahkan hanya bisa terbaring lemas.

Informasi sementara yang diperoleh Serambi dari pihak Komisioner Tinggi PBB untuk Pengungsi, United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR), para imigran tersebut telah tujuh bulan terombang-ambing di lautan sebelum akhirnya mencapai daratan Aceh.

Konflik berdemensi agama yang terjadi di negaranya, Myanmar, memaksa etnis muslim Rohingya bermigrasi membelah lautan menggunakan kapal kayu sederhana tanpa jelas arah dan tujuan.

Ini merupakan yang kedua kalinya di tahun ini mereka terdampar di Aceh. Sebelumnya, pada Juni lalu ada sekitar 99 imigran Rohingya yang terdampar di perairan Aceh Utara.

Informasi yang berhasil dihimpun Serambi, kapal pengangkut imigran tersebut awalnya terdeteksi warga saat masih berada sekitar 1 mil dari bibir pantai.

Ratusan etnis Rohingnya yang terdampar di Gampong Ujung Blang, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe, Senin (7/9/2020), beristirahat sambil menunggu keputusan pemerintah terkait nasib mereka.
Ratusan etnis Rohingnya yang terdampar di Gampong Ujung Blang, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe, Senin (7/9/2020), beristirahat sambil menunggu keputusan pemerintah terkait nasib mereka. (Serambinews.com)

Kapal terus bergerak mendekat dan akhirnya merapat ke pantai. Beberapa orang terlihat melompat dari atas kapal. Warga pun mulai berdatangan, membantu menurunkan penumpang kapal.

Mereka kemudian dikumpulkan di sebuah pondok dekat pantai.

BERITA TERKAIT

Kabar terdamparnya para imigran tersebut tersiar cepat, sehingga warga setempat ramai berdatangan sembari membawa bantuan berupa roti dan air minum.

Polisi kemudian memasang police line di sekitar lokasi dan selanjutnya bersama warga melakukan pendataan.

Dari hasil pendataan, diketahui total jumlah imigran yang terdampar mencapai 296 orang. Terdiri dari pria dewasa sebanyak 100 orang, anak-anak 14 orang, dan wanita dewasa 181 orang.

Baca: BREAKING NEWS: Lagi, Ratusan Warga Rohingya Terdampar di Lhokseumawe

Mereka diistirahatkan di pondok tersebut hingga pagi.

Di lokasi juga terlihat Dandrem 011/LW, Dandim Aceh Utara, Sekda Kota Lhokseumawe beserta unsur Forkompimda lainnya.

Saat itu belum ada informasi akan direlokasi kemana para imigran itu, namun Pemko Lhokseumawe dikabarkan tengah menggelar rapat membahas masalah tersebut.

Baru pada siangnya diputuskan para imigran dipindahkan ke gedung Balai Latihan Kerja (BLK) kawasan Kandang, Lhokseumawe, bergabung bersama para imigran Rohingya yang tiba sebelumnya.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas