Tribun

Soroti Distribusi Pupuk Bersubsidi, Pemuda Demokrat Karanganyar Desak Evaluasi Pendataan Kartu Tani

Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Pemuda Demokrat Karanganyar menyoroti kelangkaan pupuk bersubsidi yang terjadi di Karanganyar.

Editor: Daryono
Soroti Distribusi Pupuk Bersubsidi, Pemuda Demokrat Karanganyar Desak Evaluasi Pendataan Kartu Tani
istimewa
Ilustrasi pupuk bersubsidi 

TRIBUNNEWS.COM, KARANGANYAR  - Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Pemuda Demokrat Karanganyar menyoroti kelangkaan pupuk bersubsidi yang terjadi di Karanganyar.

Ketua DPC Pemuda Demokrat Karanganyar, Anton Teguh Prayudo mendesak Pemerintah Kabupaten Karanganyar untuk melakukan evaluasi terkait pendataan Kartu Tani.

Pasalnya, kelangkaan pupuk yang terjadi diduga karena adanya perubahan sistem penyaluran pupuk bersubsidi dimana petani harus memiliki Kartu Tani untuk mendapatkan pupuk.

"Program Kartu Tani perlu sebuah evaluasi dan revitalisasi pendataan secara akurat dengan melibatkan gapoktan dan institusi pemerintah terkait."

"Sehingga seluruh petani di Kabupaten Karanganyar mampu memanfaatkan program Kartu Tani," ujar Anton dalam rilis yang diterima Tribunnews.com, Jumat (20/11/2020).

Baca juga: PKB Minta Kebijakan Subsidi Pupuk Jangan Rugikan Petani

Selain itu, Anton juga mendesak otoritas terkait untuk melakukan pengawasan terhadap distribusi pupuk bersubsidi.

Tak hanya pengawasan, perlu dilakukan pula investigasi lebih lanjut untuk memastikan tak ada distributor pupuk bersubsidi yang nakal.

"Pengawasan dan investigasi ini untuk menjamin distributor menjalankan fungsinya sebagai penyalur pupuk secara transparan dan akuntabel," beber dia.

Lebih lanjut, Anton meminta komunikasi lintas sektoral digiatkan agar penyaluan pupuk bersubsidi tepat sasaran dan tidak merugikan petani.

"Perlu peningkatan komunikasi lintas sektoral institusi terkait kebijakan pertanian. Baik pelaksana kebijakan dan pengawas kebijakan atau legislatif," ujar dia.

  Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas