Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Fakta Banjir di Kota Bandung: Heboh Video 19 Detik Hingga Pengakuan Sopir Travel

Kota Bandung, Jawa Barat dilanda banjir setelah hujan mengguyur wilayah tersebut sejak pukul 16.00 WIB, Kamis (24/12/2020).

Editor: Adi Suhendi
zoom-in Fakta Banjir di Kota Bandung: Heboh Video 19 Detik Hingga Pengakuan Sopir Travel
IST
Kendaraan shuttle bus terendam air akibat banjir di kawasan Pasteur, Kota Bandung, Kamis (24/12/2020) petang. 

TRIBUNNEWS.COM, BANDUNG - Kota Bandung, Jawa Barat dilanda banjir setelah hujan mengguyur wilayah tersebut sejak pukul 16.00 WIB, Kamis (24/12/2020).

Banjir terjadi sejak Kamis sore hingga malam hari.

Sejumlah kendaraan pun terendam, karena banjir bukan hanya terjadi permukiman warga, tetapi juga di jalan umum.

Saat banjir melanda, sebuah tayangan video berdurasi 19 detik mendadak viral di media sosial.

Video tersebut menggambarkan suasana dramatis sebuah mobil tipe hatchback atau sedan warna kuning terjebak dan hampir hanyut terbawa derasnya arus air.

Berdasarkan informasi yang beredar, situasi tersebut, berada di wilayah Jalan Sukamulya, Kecamatan Sukajadi, Kota Bandung.

Saat dikonfirmasi, Camat Sukajadi, Tb Agus Mulyadi membenarkan bahwa situasi dalam video 19 detik tersebut terjadi di wilayah Jalan Sukmulya.

Baca juga: Banjir di Bandung: Jalan Sukamulya Berubah Jadi Sungai, Hanyutkan Mobil dan Motor

BERITA TERKAIT

Namun, ia menjelaskan bahwa situasi sebenarnya tidak sedramatisir seperti yang dibayangkan, di mana berdasarkan informasi yang diperolehnya, mobil kuning tersebut, mencoba mundur untuk menepi setelah terhadang derasnya arus air yang melanda kawasan tersebut.

"Iya, benar itu di Jalan Sukamulya, tapi kondisinya tidak seperti yang dibayangkan, dari informasi yang saya dapat, itu mobil bukan hanyut tapi mencoba mundur untuk menepi karena ada banjir di depannya."

"Karena kontur jalan di sana menanjak atau menukik turun jadi arus air cukup deras dan seolah mendorong mobil itu," ujarnya melalui sambungan telepon, Kamis (24/12/2020).

Sopir travel, Bayu (40) sempat terjebak banjir bersama mobilnya di Jalan Djundjunan
Sopir travel, Bayu (40) sempat terjebak banjir bersama mobilnya di Jalan Djundjunan, Pasteur Kota Bandung, pada Kamis (24/12/2020)

Disinggung terkait kondisi banjir di wilayah Kecamatan Sukajadi, Agus mengatakan, terdapat enam lokasi yang terendam banjir yang disebabkan berbagai faktor, di antaranya, curah hujan yang tinggi, debit air yang tidak seimbang dengan lebar badan sungai atau saluran drainase.

Baca juga: Kota Bandung Malam Ini Kebanjiran, Mobil Terbawa Arus di Depan BTC Pasteur

Kemudian banyaknya sampah di aliran sungai dan saluran drainase yang menyumbat hingga mengakibatkan jalannya air terhambat, dan jebolnya beberapa tanggul penahan air di sepanjang aliran Sungai Citepus dan Cianting.

Mobil travel terjebak banjir

Sopir travel, Bayu (40) sempat terjebak banjir bersama mobilnya di Jalam dr Djundjunan, Pasteur Kota Bandung, Kamis (24/12/2020).

Halaman
123
Sumber: Tribun Jabar
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas