Tribun

Kementerian PANRB: JIPP Riau Harus Jadi Pusat Pembinaan Inovasi Pelayanan Publik

Pemerintah provinsi yang menyelenggarakan JIPP menjadi pusat implementasi kebijakan pembinaan inovasi pelayanan publik melalui kegiatan pendampingan

Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Eko Sutriyanto
Kementerian PANRB: JIPP Riau Harus Jadi Pusat Pembinaan Inovasi Pelayanan Publik
ist
Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Diah Natalisa pada Monitoring Persiapan Hub JIPP Tahun 2021 Provinsi Riau, Jumat (30/4/2021). / Humas Kementerian PANRB 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fransiskus Adhiyuda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Jaringan Inovasi Pelayanan Publik (JIPP) Provinsi Riau didorong melakukan penyebaran inovasi pelayanan publik dengan replikasi. 

Replikasi inovasi pelayanan publik dinilai sebagai bentuk nyata dari pengembangan inovasi. 

Pemerintah provinsi yang menyelenggarakan JIPP ini menjadi pusat implementasi kebijakan pembinaan inovasi pelayanan publik melalui kegiatan pendampingan, tukar-menukar pengalaman dan pengetahuan dengan instansi lain, serta promosi inovasi untuk mendapatkan kepercayaan publik.

Hal itu disampaikan Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Diah Natalisa pada Monitoring Persiapan Hub JIPP Tahun 2021 Provinsi Riau, Jumat (30/4/2021).

“Kami juga menitikberatkan pendampingan pada replikasi inovasi pelayanan publik sebagai bentuk nyata dari pengembangan inovasi pelayanan publik,” kata Diah Natalisa.

Riau menjadi salah satu dari empat provinsi baru yang ditetapkan sebagai Hub JIPP tahun 2021. Provinsi lainnya adalah Kalimantan Barat, Bali, dan Maluku.

Baca juga: Fasilitas Boiler Biomassa Pertama di Provinsi Jawa Tengah

Tahun-tahun sebelumnya, daerah percontohan JIPP menerima pembinaan yang dilakukan Kementerian PANRB bekerja sama dengan GIZ Transformasi, organisasi asal Jerman. 

Setelah program GIZ Transformasi berakhir pada 2020, Kementerian PANRB memilih pendampingan berupa kerja sama dengan perguruan tinggi setempat.

Pemerintah Provinsi dianggap memiliki hubungan yang baik dan kuat dengan perguruan tinggi setempat. 

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas