Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ketua Umum JBMI: Keberagaman Budaya dan Agama Jadi Kekuatan Bangsa Indonesia

Musyawarah Nasional Jamiyah Batak Muslim Indonesia (JBMI) ke VI di Pondok Pesantren Al Kautsar Al Akbar, Medan, Sumatera Utara Sabtu 29 Mei 2021

Penulis: Glery Lazuardi
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Ketua Umum JBMI: Keberagaman Budaya dan Agama Jadi Kekuatan Bangsa Indonesia
HandOut/Istimewa
Musyawarah Nasional Jamiyah Batak Muslim Indonesia (JBMI) VI yang dihelat di Pondok Pesantren Al Kautsar Al Akbar, Medan, Sumatera Utara, pada Sabtu 29 Mei 2021. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Glery Lazuardi

TRIBUNNEWS.COM - Arif Rahmansyah Marbun terpilih sebagai Ketua Umum Musyawarah Nasional Jamiyah Batak Muslim Indonesia (JBMI) periode 2021-2026.

Pemilihan Arif Rahmansyah Marbun melalui Musyawarah Nasional VI Jamiyah Batak Muslim Indonesia (JBMI) di Pondok Pesantren Al Kautsar Al Akbar, Medan, Sumatera Utara, Sabtu 29 Mei 2021




Musyawarah Nasional JBMI ke VI mengusung tema "Bersatu Dalam Kebangsaan dan Bernegara, Bersepakat dalam Keberagaman untuk Indonesia Maju".

Acara dibuka secara virtual oleh Wakil Presiden RI KH. Maa'ruf Amin, dihadiri oleh unsur Forkopimda, Walikota Medan Bobby Afif Nasution, tokoh ulama, tokoh lintas agama, para rektor, serta tokoh masyarakat.

Baca juga: Permohonan PK Dikabulkan, Mantan Wali Kota Medan Rahudman Harahap Segera Bebas

Adapun Hasil Musyawarah Nasional Jamiyah Batak Muslim Indonesia ke VI secara aklamasi menetapkan dan melahirkan Ketua Umum yang baru Arif Rahmansyah Marbun untuk masa Periode 2021 sd 2026.

Ketua Umum JBMI hasil Munas ke VI di Medan ini sebelumnya adalah Sekretaris jenderal JBMI periode 2016 sd 2021.

BERITA TERKAIT

Dalam sambutannya, Arif Rahmansyah Marbun yang juga saat ini aktif sebagai Ketua Umum Forum Santri Nasional mengatakan, keberagaman, baik keberagaman Agama maupun Budaya merupakan sebuah kekuatan besar Bangsa Indonesia.

"Keberagaman ini harus kita syukuri sebagai sebuah karunia Tuhan yang maha Esa, sehingga dapat menjadi pondasi yang kokoh dalam menjaga dan merawat NKRI yang kita cintai ini," ujar Arif dalam keterangan tertulisnya, Minggu (3/5/2021).

Baca juga: Kasus Vaksinasi Ilegal di Medan, PAN Kritik Lemahnya Pengawasan Kemenkes dan Satgas Covid-19 

JBMI dengan Dengan semangat Dalihan  Natolu, menurut Arif adalah semangat saling menjaga, saling menghargai serta rukun berdampingan sesama anak Bangsa. Perbedaan sesama pemeluk Agama, Budaya, suku, Bangsa adalah merupakan anugerah yang dimiliki bangsa Indonesia. 

"Meskipun berbeda-beda tetapi melahirkan persaudaraan yang kuat dalam kehidupan berbangsa dan ber Negara," ujar Arif.

Ketua Umum JBMI, Arif Rahmansyah Marbun menyakini apabila kita semua bersepakat dalam keberagaman maka semangat Kebangsaan dan Kenegaraan akan menjadikan indonesia lebih kuat dan kokoh.

 "JBMI akan pro aktif menjaga dan mengawal Kebhinekaan dengan menjunjung tinggi Nilai-nilai dan ideologi Pancasila demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai ini," tutur Arif.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas