Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Tak Pernah Kemasukan Covid-19, Ini Rahasia Desa Traju Selalu Menjadi Zona Hijau

Di tengah pandemi Covid-19 yang melanda dunia, ada satu desa di Tegal, Jawa Tengah, yang hingga kini belum terjamah virus corona.

Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Tak Pernah Kemasukan Covid-19, Ini Rahasia Desa Traju Selalu Menjadi Zona Hijau
Desta Leila Kartika/Tribun Jateng
Camat Bumijawa Susworo 

TRIBUNNEWS.COM, SLAWI - Di tengah pandemi Covid-19 yang melanda dunia, ada satu desa di Tegal, Jawa Tengah, yang hingga kini belum terjamah virus corona.

Desa tersebut adalah Desa Traju, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal.

Camat Bumijawa Susworo mengatakan, tidak seperti daerah-daerah lainnya, hingga kini Desa Traju masih bersih dan menjadi zona hijau terhadap virus mematikan tersebut.

Desa yang bisa dikatakan kecil dan jauh dari pusat Kecamatan Bumijawa sekitar 7 kilometer ini memiliki jumlah penduduk tidak terlalu banyak hanya sekitar 4 ribu jiwa.

Meski lokasinya jauh dari keramaian atau perkotaan, namun warga Desa Traju cukup disiplin menerapkan protokol kesehatan terutama Satgas Jogo Tonggo nya yang sangat aktif.

Baca juga: Peduli Penanggulangan Covid-19, Agnez Mo Dirikan Klinik Vaksin Gratis, Ini Fasilitasnya

"Perlu saya informasikan di Kecamatan Bumijawa ada 18 Desa, dan sampai detik ini alhamdulillah ada satu desa yang sejak awal adanya pandemi Covid-19 masuk zona hijau yaitu Desa Traju.

Apa rahasianya? Karena kesadaran warganya sangat tinggi terlebih satgas Jogo Tonggo nya yang selalu aktif menyosialisasikan tentang Covid-19," jelas Susworo.

BERITA TERKAIT

Tidak hanya Satgas Jogo Tonggo yang aktif, tapi kesadaran warga terhadap kesehatan utamanya menerapkan prokes 5M juga sangat tinggi.

Warga Desa Traju disiplin memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

Inilah salah satu alasan yang menurut Susworo sangat ampuh membuat Desa Traju bisa mempertahankan wilayahnya selalu zona hijau.

"Meski lokasi Desa nya jauh dari mana-mana, namun warganya cukup disiplin menerapkan prokes. Sehingga Desa Traju ini bisa saya sebut sebagai pilot project di Kecamatan Bumijawa," tuturnya.

Membahas mengenai perkembangan Covid-19 di Kecamatan Bumijawa, Susworo menyebut dari 18 Desa ada empat desa yang masuk zona merah yaitu Desa Cawitali, Desa Bumijawa, Desa Sigedong, dan Desa Batumirah.

Sedangkan 13 Desa lainnya masuk zona kuning dan satu desa yaitu Desa Traju masuk zona hijau.

"Sampai saat ini total keseluruhan kasus Covid-19 di Kecamatan Bumijawa sebanyak 191 orang. Kebanyakan sudah pada sembuh atau dinyatakan negatif. Sedangkan untuk yang meninggal dunia ada 9 orang," pungkasnya. (Desta Leila Kartika)

Artikel ini telah tayang di TribunJateng.com dengan judul Keren, Desa Traju di Kabupaten Tegal Sejak Awal Covid-19 Selalu Zona Hijau, Berikut Rahasianya

Sumber: Tribun Jateng
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas