Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

KSP Sebut PPKM Bantu Turunkan Jumlah Pasien Covid-19 Di Semarang

Para Tenaga Kesehatan di Kota Semarang, Jawa Tengah, melaporkan bahwa kebijakan Pemberlakukan Pembatasan

Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in KSP Sebut PPKM Bantu Turunkan Jumlah Pasien Covid-19 Di Semarang
TRIBUN JATENG/HERMAWAN HANDAKA
Warga menggunakan sepeda melintas di Kawasan Simpang Lima Kota Sematang, Senin (26/7/21). Presiden Joko Widodo mengumumkan perpanjangan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 4, Minggu (25/7/2021). Sejumlah daerah akan kembali menerapkan PPKM level 4 sejak 26 Juli hingga 2 Agustus 2021 mendatang. (Tribun Jateng/Hermawan Handaka) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fransiskus Adhiyuda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Para Tenaga Kesehatan di Kota Semarang, Jawa Tengah, melaporkan bahwa kebijakan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sejak 3 Juli telah memberikan dampak positif terhadap penurunan jumlah pasien Covid-19.

Baik yang melakukan rawat inap di Rumah Sakit dan Puskesmas maupun isolasi mandiri.

Laporan tersebut dihimpun secara langsung oleh tim Kantor Staf Presiden (KSP) yang melakukan verifikasi lapangan ke sejumlah lokasi di Semarang, pada Jumat (30/7/2021).

Setelah melakukan verifikasi lapangan di beberapa lokasi di provinsi Banten pada Senin (26/7/2021), tim ini juga akan melakukan serangkaian proses verifikasi lapangan dalam periode 7 hari di beberapa provinsi lain di Pulau Jawa.

Baca juga: Kasus Covid-19 di Tokyo Jepang 3.865 Orang Per Hari, Lampu Penyeberangan di Hachiko Sempat Dimatikan

“Hasil pemantauan lapangan kami di Semarang menunjukkan keberhasilan PPKM dalam menekan kasus Covid-19. Harapannya kurva pandemi bisa terus menurun, sehingga aktivitas ekonomi secara bertahap akan bisa berjalan kembali,” kata Tenaga Ahli Utama KSP Abraham Wirotomo dalam keterangannnya, Jumat (30/7/2021).

Namun, Ia juga menambahkan bahwa disiplin protokol kesehatan tetap wajib dilakukan sekalipun ada penurun level PPKM di Semarang dan wilayah lainnya.

Baca juga: Bantu Penanganan Covid-19, Hyundai Bakal Bangun Fasilitas Produksi Oksigen Medis

BERITA TERKAIT

“Bagi yang bergejala sedang, sekarang jangan ragu ke rumah sakit karena ketersediaan tempat tidur masih memadai. Ini menjaga agar tidak ada kejadian pasien yang terlambat ditangani oleh tenaga kesehatan,” Abraham.

Ia juga menghimbau agar masyarakat tidak menimbun obat ataupun oksigen medis untuk kepentingan pribadi.

“Lebih baik diberikan kepada yang membutuhkan, karena ikhtiar melawan Covid-19 adalah perjuangan bersama-sama seluruh elemen masyarakat,” imbuhnya.

Nur Dian Rakhmawati selaku Kepala Puskesmas Pandanaran, Semarang, mengatakan kepada tim KSP bahwa mobilitas masyarakat yang dibatasi oleh PPKM sangat berpengaruh dalam penurunan arus penularan Covid-19.

Baca juga: Asrama Haji Donohudan Boyolali Disulap Jadi RS Darurat Covid-19, Alokasi Anggaran Rp 30 M

Sebelum PPKM, pihak puskesmas mengatakan setidaknya terdapat 300 pasien isolasi mandiri yang didampingi oleh pihak Puskesmas tersebut.

Namun angka ini menurun menjadi sekitar 60 orang setelah PPKM diberlakukan oleh pemerintah di Jawa dan Bali.

Dian menambahkan bahwa Puskesmas tempatnya bekerja tidak memiliki fasilitas kesehatan yang memadai untuk merawat pasien Covid-19 dengan gejala berat.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas