Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

BKSDA Yogyakarta Bangun Sumur Bor untuk Masyarakat Desa Karangasem

Bantuan sumur bor ini merupakan langkah nyata Balai Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Yogyakarta dalam mewujudkan harapan masyarakat sekitar.

BKSDA Yogyakarta Bangun Sumur Bor untuk Masyarakat Desa Karangasem
Dok KLHK
Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Wiratno meresmikan bantuan sumur bor kepada masyarakat Desa Karangasem, Paliyan, Gunungkidul, Minggu (19/9/21). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Wiratno meresmikan bantuan sumur bor kepada masyarakat Desa Karangasem, Paliyan, Gunungkidul, Minggu (19/9/21). 

Bantuan sumur bor ini merupakan langkah nyata Balai Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Yogyakarta dalam mewujudkan harapan masyarakat sekitar

Khususnya melalui fasilitasi ketersediaan sumber air bagi masyarakat, melalui pembuatan sumur bor di wilayah Karangasem, desa penyangga kawasan Suaka Margasatwa (SM) Paliyan.  

“Kawasan konservasi bukan hanya sekedar mengelola kawasan agar terjaga dengan baik, namun juga memperhatikan keberadaan masyarakat di sekitar kawasan," kata Wiratno dalam keterangannya.

Baca juga: KLHK dan Bareskrim Polri Lakukan Sidak Penambangan Emas di Bolmong Sulut

Baca juga: Bukan Cuma Diundang ke Istana, Suroto Juga Dapat Kiriman 20 Ton Jagung dari Presiden Jokowi

Wiratno mengapresiasi langkah yang telah dilakukan Balai KSDA Yogyakarta ini. 

Menurutnya apa yang sudah dilakukan Balai KSDA Yogyakarta tepat, dimana Balai KSDA Yogyakarta telah berhasil menerjemahkan mandat pengelolaan kawasan konservasi dengan baik.

"Semoga dengan adanya sumur bor di sekitar kawasan SM Paliyan ini akan memberikan dampak positif dan kesejahteraan bagi masyarakat. Dengan demikian Hutan lestari masyarakat sejahtera bukanlah sekedar slogan, tapi telah berhasil diwujudkan oleh Balai KSDA Yogyakarta,” ungkap Wiratno.

Pembuataan dua lokasi sumur bor di Dusun Karangasem A dan Dusun Manggul Kalurahan Karangasem ini berawal dari kunjungan Kepala Balai KSDA Yogyakarta, M. Wahyudi di akhir tahun 2019. 

Dari hasil kunjungan tersebut yang dilanjutkan dengan pertemuan bersama Kelompok Tani Hutan (KTH) yang ada di Kalurahan Karangasem, diketahui bahwa masyarakat Dusun Karangasem A membutuhkan tambahan air untuk pengairan ke ladang pertaniannya.

Baca juga: Akhir Pekan Ini Berlaku Kebijakan Ganjil Genap di Jalan Malioboro 

Keberadaan KTH Sodong Makmur, salah satu KTH Binaan Balai KSDA Yogyakarta yang ada di Kalurahan Karangasem, membuat Balai KSDA Yogyakarta berinisiatif memberikan bantuan sumur bor ke warga Karangasem dengan harapan bisa dimanfaatkan untuk pengairan lahan pertanian. 

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas