Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pangdam Udayana Bangun Pompa Hidram di Tabanan, Gubernur Bali Siapkan APBD

Pangdam IX Udayana mengatakan, pengolahan pompa hidram hanya mengandalkan sumber gravitasi air sungai.

Editor: Wahyu Aji
zoom-in Pangdam Udayana Bangun Pompa Hidram di Tabanan, Gubernur Bali Siapkan APBD
Dokumentasi Kodam Udayana
Pangdam IX Udayana, Mayjen TNI Maruli Simanjuntak menginisiasi pemanfaatkan sumber air sungai untuk pertanian dan dikonsumsi. 

TRIBUNNEWS.COM, BALI - Pangdam IX Udayana, Mayjen TNI Maruli Simanjuntak menginisiasi pemanfaatkan sumber air sungai untuk pertanian dan dikonsumsi.

Melalui proses panjang dan melelahkan, dan lima tahun lalu pompa hidram yang dibangun di Wonogiri sempat gagal, namun tidak membuat Panglima Kodam IX Udayana itu menyerah.

Sekitar 1 tahun sebagai Pangdam Udayana, Jenderal Bintang Dua itu akhirnya dapat menciptakan pompa hidram di sungai Desa Tanguntiti, Selemadeg Timur, Tabanan, Bali.




Pompa hidram dapat mengairi areal pertanian yang mencapai 220 hekter di Kecamatan Selemadeg Timur, khususnya di Subak Lanyah Delod.

Pembangunan pompa hidram di Desa Tanguntiti, Selemadeg Timur, Tabanan yang memanfaatkan sumber tenaga yang berasal dari gravitasi air sungai dan baru pertama kali diciptakan dalam sejarah di Indonesia ini, diresmikan, kemarin.

Peresmian pompa hidram tersebut dihadiri para pejabat Forkompimprov Bali seperti Gubernur Bali, I Wayan Koster, Kapolda Bali, Irjen Pol Putu Jayan Danuputra, Bupati Tabanan, I Komang Gede Sanjaya, para tokoh masyarakat hingga warga kampung.

Dalam kesempatan itu cukup banyak yang mengapresiasi gagasan Kodam Udayana yang dapat menciptakan pompa hidram untuk membantu masyarakat atas kebutuhan air bersih maupun sebagai sumber mata air untuk pertanian dan lainnya.

BERITA TERKAIT

Apresiasi itu setidaknya dikemukakan Bupati Tabanan dan salah satu tokoh masyarakat yang diberi kesempatan untuk menyampaikan pendapatnya.

Dalam kesempatan itu Pangdam IX Udayana mengatakan, pengolahan pompa hidram hanya mengandalkan sumber gravitasi air sungai.

Jadi tidak ada aliran listrik untuk mengairi areal pertanian dan kebutuhan air bersih bagi warga yang tinggal di atas sungai.

"Langkah ini sangat efisien dari segi pembiayaan dan dapat bermanfaat bagi masyarakat yang tinggal di atas sungai dan yang dulu susah untuk mendapatkan air bersih maupun untuk mengairi lahan pertanian yang luas," kata Mayjen TNI Maruli Simanjuntak dalam keterangan yang diterima, Jumat (8/10/2021).

Sebelumnya, pembangunan pompa hidram juga digencarkan pihaknya di daerah Nusa Tenggara Timur (NTT).

Baca juga: Kodam Udayana Masif Bangun Pompa Hidram, Kesejahteraan Warga NTT Meningkat

Hingga saat ini sebanyak 150 pompa hidram telah terpasang dan mengalirkan air ke ladang serta rumah penduduk di sekitaran wilayah NTT.

"Kami menargetkan bakal menyelesaikan 202 titik pompa hidram untuk memastikan warga di NTT mudah mendapatkan air bersih," ujarnya.

Bahkan dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Kabupaten TTS, NTT, kehadiran pompa hidram dalam penyediaan air bersih berpengaruh positif terhadap penurunan angka kematian ibu dan anak, stunting, kemiskinan dan konflik sosial di TTS, NTT.

Sementara itu, Gubernur Bali, I Wayan Koster menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pangdam IX Udayana.

"Kedepannya kami akan masukan program ini di APBD agar pompa hidram bisa terus berjalan dan petani bisa tenang tanpa takut kekurangan air," ungkapnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas