Tribun

Sandiaga Uno Sebut 3 Cara Bangkitkan Usaha Mikro Kecil Menengah saat Bertemu Pelaku UMKM di Ambon

Dengan sinergi UMKM Indonesia akan lebih cepat bertransformasi dan mempercepat pemulihan ekonomi nasional yang sempat ambruk akibat pandemi Covid-19

Editor: Eko Sutriyanto
Sandiaga Uno Sebut 3 Cara Bangkitkan Usaha Mikro Kecil Menengah saat Bertemu Pelaku UMKM di Ambon
ISTIMEWA
Bekerja guna mendorong pemulihan ekonomi, Menteri Sandiaga Uno menemui pelaku UMKM di Ambon City Center, Maluku 

TRIBUNNEWS.COM, AMBON – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno menegaskan, kalau salah satu penopang bangkitnya ekonomi Indonesia adalah dengan membangkitkan UMKM yang ada saat ini.

Bagaimana caranya, ada tiga cara untuk membangkitkan UMKM dimasa pandemi ini, yaitu, gerak cepat dengan perubahan yang ada dan menggarap semua potensi yang tersedia.

Sandi menegaskan, selalu ada potensi dan peluang dari setiap krisis yang terjadi.

"Kita perlu tingkatkan keterampilan melalui 3G. Pertama adalah gercep atau gerak cepat, geber atau gerak bersama, dan gaspol yakni garap semua potensi," ujarnya.

Sandi mengungkap, tiga hal itu bisa terealisasi bila ada keinginan kuat dari UMKM dan dukungan dari berbagai pihak, termasuk Kementerian Koperasi dan UMKM.

Dengan sinergi, Sandi yakin UMKM Indonesia akan lebih cepat bertransformasi dan mempercepat pemulihan ekonomi nasional yang sempat ambruk akibat pandemi Covid-19.

Akselerasi dari tranformasi digital masyarakat ini harus dibantu, difasilitasi oleh pemerintah, dunia usaha, dan dunia pendidikan.

Bagaimana bukan hanya jualan online tapi menciptakan konten kreatif.

Baca juga: Maruf Amin Bertolak ke Ambon, Pimpin Rakor Percepatan Penanggulangan Kemiskinan Ekstrem

Lebih lanjut dia menjelaskan, semua UMKM sudah harus masuk ranah digital terlepas apapun usahanya, selama masih bisa dipasarkan secara online.

Berdasarkan survei Bank Indonesia, sebanyak 87,5 persen UMKM terdampak pandemi.

  Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas