Tribun

Gunung Semeru Erupsi

Temui Pengungsi Erupsi Gunung Semeru, Jokowi Janji akan Relokasi 2 Ribu Rumah Warga yang Terdampak

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi para korban erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur, Selasa (7/12/2021).

Penulis: Faryyanida Putwiliani
Editor: Daryono
Temui Pengungsi Erupsi Gunung Semeru, Jokowi Janji akan Relokasi 2 Ribu Rumah Warga yang Terdampak
Biro Pers Sekretariat Presiden/Laily Rachev
Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, dan Bupati Lumajang Thoriqul Haq mengunjungi posko pengungsi di lapangan Desa Sumberwuluh, Jawa Timur, Selasa (7/12/2021). TRIBUNNEWS/Biro Pers Sekretariat Presiden/Laily Rachev 

TRIBUNNEWS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi para korban erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur, Selasa (7/12/2021).

Dalam kesempatan tersebut Jokowi mengungkapkan rasa dukanya atas meninggalkan para korban.

Jokowi mengatakan, kedatangannya ke lokasi erupsi Gunung Semeru ini untuk untuk memastikan upaya pencarian korban dan proses evakuasi.

"Atas nama pemerintah dan seluruh rakyat Indonesia saya menyampaikan rasa duka yang mendalam atas meninggalnya korban letusan Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. "

Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, dan Bupati Lumajang Thoriqul Haq melihat Jembatan Gladak Perak yang putus akibat aliran awan panas saat erupsi Gunung Semeru, Jawa Timur, Selasa (7/12/2021). TRIBUNNEWS/Biro Pers Sekretariat Presiden/Laily Rachev
Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, dan Bupati Lumajang Thoriqul Haq melihat Jembatan Gladak Perak yang putus akibat aliran awan panas saat erupsi Gunung Semeru, Jawa Timur, Selasa (7/12/2021). TRIBUNNEWS/Biro Pers Sekretariat Presiden/Laily Rachev (Biro Pers Sekretariat Presiden/Laily Rachev)

Baca juga: Ibu Hamil 9 Bulan Lolos dari Awan Panas Semeru, Lari Belasan Kilo, Tak Lagi Peduli Perut Nyeri

"Pagi ini saya datang ke lokasi untuk memastikan bahwa seluruh kekuatan yang kita miliki sudah berada di lapangan untuk pencarian korban yang masih ada dan juga evakuasi " kata Jokowi dikutip dari tayangan video di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (8/12/2021).

Selain itu Jokowi juga merencanakan perbaikan infrastruktur yang rusak akibat erupsi Gunung Semeru.

"Ini kita juga lihat untuk rencana perbaikan infrastruktur yang rusak akibat letusan Gunung Semeru ini," imbuhnya.

Lebih lanjut Jokowi menilai bahwa para pengungsi sudah ditangani dengan baik.

Baca juga: UPDATE Korban Erupsi Gunung Semeru: 34 Orang Meninggal, 22 Orang Hilang, Ribuan Terdampak Awan Panas

Pasalnya untuk kebutuhan konsumsi, kesehatan, serta air bersih kini kondisinya mulai membaik.

"Kemudian saya juga ingin memastikan bahwa pengungsi ditangani dengan baik, hal yang berkaitan dengan konsumsi, kesehatan, kemudian air bersih ya kondisinya mulai membaik," terang Jokowi.

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
Klub
D
M
S
K
GM
GK
-/+
P
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas