Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Speedboat yang Hilang Kontak di Perairan Timika Akhirnya Ditemukan, 7 Penumpangnya Selamat

Kapal beserta para penumpangnya ditemukan di sekitar Perairan Puriri Timika Provinsi Papua, dalam kondisi kandas terkena rep atau terdampar.

Editor: Dewi Agustina
zoom-in Speedboat yang Hilang Kontak di Perairan Timika Akhirnya Ditemukan, 7 Penumpangnya Selamat
Humas SAR Timika
Tim SAR gabungan melakukan evakuasi speedboat berpenumpang tujuh orang yang sempat dilaporkan hilang kontak dalam perjalanan dari Asmat menuju Mimika, Papua, Kamis (30/12/2021). 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Marselinus Labu Lela

TRIBUNNEWS.COM, TIMIKA - Speedboat yang dilaporkan hilang kontak dalam perjalanan dari Asmat-Timika akhirnya ditemukan, Kamis (30/12/2021). Termasuk juga 7 penumpang yang berada di dalam speedboat tersebut.

Tujuh penumpang kapal cepat berkekuatan 85 PK itu ditemukan dalam keadaan selamat.

Kapal beserta para penumpangnya ditemukan di sekitar Perairan Puriri Timika Provinsi Papua, dalam kondisi kandas terkena rep atau terdampar di perairan dangkal Puriri.

Menurut keterangan salah seorang penumpang speedboat tersebut, dalam perjalananya dari Asmat menuju Timika mereka sebelumnya berlindung di Pulau Yapero karena cuaca buruk.

Saat cuaca mulai membaik, akhirnya pengemudi speedboat tersebut memutuskan untuk keluar dari pulau dan melanjutkan perjalanan menuju Timika Kabupaten Mimika, Provinsi Papua.

Tim SAR berupaya mencari speedboat 85 PK berpenumpang tujuh orang yang hilang kontak di antara perairan Timika - Asmat, Papua.
Tim SAR berupaya mencari speedboat 85 PK berpenumpang tujuh orang yang hilang kontak di antara perairan Timika - Asmat, Papua. (Tribun-Papua.com/Istimewa)

Saat perjalanan tersebut, justru malah terdampar karena terkena jalur perairan dangkal atau masyarakat sekitar biasa menyebutnya rep.

Baca juga: BREAKING NEWS: Speedboat Membawa 7 Penumpang Hilang Kontak di Perairan Asmat-Timika Papua

BERITA TERKAIT

Setelah ditemukan korban saat itu langsung diserahkan ke pihak keluarga yang saat bersamaan juga ikut melakukan pencarian bersama tim SAR dan petugas gabungan yang melakukan penyisiran jalur tersebut setelah hilang kontak.

"Dengan berhasil ditemukanya korban dan telah diserahkan kepada pihak keluarga maka operasi SAR terhadap speedboat 85 PK diusulkan tutup dan potensi SAR yang terlibat dikembalikan ke kesatuan masing-masing," ungkap Kepala Kantor SAR Timika, George Leo Merchy Randang, Jumat (31/12/2021).

Ia mengimbau bagi pengguna speedboat sering beraktivitas jalur pelayaran Timika-Asmat atau sebaliknya agar benar-benar mematuhi standard pelayaran dan kelaikan berlayar, serta mengikuti imbauan dari pemerintah dan mengikuti informasi dari BMKG terkait cuaca, untuk menghindar dari hal hal yang tidak diinginkan.

Karena cukup banyak laporan musibah yang masuk di Kantor SAR Timika terutama di sebelah Selatan Papua banyak sekali kecelakaan.

Diberitakan sebelumnya, speedboat hilang kontak dilaporkan ke SAR Timika oleh Raymond (keluarga korban) pada Kamis (30/12/2021) pukul 06.35 WIT.

Diketahui speedboat 85 PK berpenumpang 7 orang berlayar dari Asmat (28/12/2021) sekitar pukul 07.45 WIT.

Artikel ini telah tayang di Tribun-Papua.com dengan judul Akhirnya 7 Penumpang Speedboat yang Hilang Kontak di Perairan Asmat-Timika Ditemukan Selamat

Sumber: Tribun Papua
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas