Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Resmikan Bendungan Randugunting di Blora, Jokowi: Memperkuat Ketahanan Pangan di Tanah Air

Kepala Negara juga menyampaikan bahwa bendungan ini berpotensi untuk menjadi destinasi wisata baru di Kabupaten Blora

Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Eko Sutriyanto
zoom-in Resmikan Bendungan Randugunting di Blora, Jokowi: Memperkuat Ketahanan Pangan di Tanah Air
TRIBUNNEWS.COM/Biro Pers
Presiden Joko Widodo mengawali kunjungan kerjanya di Provinsi Jawa Tengah pada Rabu, 5 Januari 2022 dengan mengunjungi Pasar Gemolong, Kecamatan Gemolong, Kabupaten Sragen. Presiden menyerahkan bantuan tunai bagi pedagang kaki lima dan warung yang sehari-hari berdagang di pasar tersebut. Saat berkunjung ke Pasar Gemolong, Presiden tampak didampingi oleh Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Wakil Bupati Sragen Suroto. (TRIBUNNEWS.COM/Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fransiskus Adhiyuda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Randugunting yang berlokasi di Desa Kalinanas, Kecamatan Japah, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, pada Rabu (5/1/2022).

Bendungan Randugunting ini memiliki kapasitas tampung sebesar 14,4 juta meter kubik dan mampu mengairi kurang lebih 650 hektare sawah yang berada di Kabupaten Blora, Kabupaten Pati, dan Kabupaten Rembang.

“Alhamdulillah Bendungan Randugunting di Kabupaten Blora, Provinsi Jawa Tengah telah selesai dan bisa dimanfaatkan,” kata Presiden Jokowi.

Presiden pun optimistis keberadaan bendungan ini akan semakin memperkuat ketahanan pangan di tanah air.

Baca juga: FAKTA Suami di Blora Culik dan Aniaya Istrinya, Bayar Eksekutor Rp 50 Juta, Motif Tak Mau Cerai

Pasalnya, Jokowi menyebut bahwa kunci ketahanan pangan yakni air yang mengalir dari waduk ke persawahan serta perkebunan masyarakat.

“Kita berharap dengan selesainya Waduk Randugunting di Kabupaten Blora ini ketahanan pangan kita akan semakin baik, kemandirian pangan kita akan semakin baik. Karena kunci dari ketahanan pangan adalah air dan air itu akan ada kalau kita memiliki waduk yang sebanyak-banyaknya,” ucap Jokowi.

BERITA REKOMENDASI

Tak hanya itu, Kepala Negara juga menyampaikan bahwa bendungan ini berpotensi untuk menjadi destinasi wisata baru di Kabupaten Blora.

“Kita harapkan juga Waduk Randugunting ini nanti juga bisa menjadi tempat pariwisata yang sangat baik bagi Kabupaten Blora dan masyarakat di sekitar Kabupaten Blora,” pungkasnya.
 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas