Tribun

Kelompok Bersenjata di Papua

Masih Ada Serangan Susulan dari KKB, Dua Korban Penembakan Belum Bisa Dievakuasi ke Timika

Dua korban penembakan KKB belum bisa dievakuasi ke Timika karena masih ada serangan susulan dari KKB.

Editor: Dewi Agustina
zoom-in Masih Ada Serangan Susulan dari KKB, Dua Korban Penembakan Belum Bisa Dievakuasi ke Timika
Kodam XVI/Cenderawasih
Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) kembali melakukan aksinya dengan menyerang anggota TNI yang bertugas di Bandara Aminggaru Ilaga, Distrik Omukia Kabupaten Puncak, Sabtu (19/2/2022) Pukul 07.56 WIT. Akibat penyerangan tersebut, seorang prajurit TNI bernama Praka Fermansyah dari Satgas Lanud Kopasgat terkena tembakan pada bagian bahu kanan. 

TRIBUNNEWS.COM, PAPUA - Hingga Minggu (20/2/2022) malam, Praka Hermansyah dan seorang warga sipil
Glen Sumampo yang menjadi korban penembakan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pada Sabtu (19/2/2022) belum bisa dievakuasi ke Timika.

Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) XVII/Cenderawasih Kolonel Inf Aqsha Erlangga mengungkapkan kedua korban penembakan tersebut belum bisa dievakuasi karena masih ada serangan susulan dari KKB.

Apalagi, sehari setelah menjalani perawatan akibat penembakan di Bandara Aminggaru Ilaga, Sabtu (19/2/2022) sekitar pukul 07.30 WIT, KKB terus menebar gangguan dengan melepaskan tembakan dari dalam hutan.

KKB juga diduga melakukan pembakaran rumah milik warga sipil.

"Belum bisa dievakuasi karena masih ada beberapa kali gangguan dari KST (KKB) sejak pukul 09.30 WIT," kata Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) XVII/Cenderawasih Kolonel Inf Aqsha Erlangga dikutip Kompas.com, Minggu.

Aqsha menjelaskan, gangguan yang dilakukan KKB menyasar tim evakuasi yang ada di Bandara Aminggaru.

Aqsha mengatakan, baik Praka Hermansyah dan warga sipil itu saat ini dalam kondisi stabil setelah menjalani perawatan di Puskesmas Ilaga.

"Kondisinya stabil dan masih sadar. Juga kondisi warga sipil kemarin yang juga ditembak KST (KKB) Papua kondisinya alhamdulillah stabil," katanya.

Diberitakan sebelumnya, Prajurit TNI dari Satgas Lanud Kopasgat, Praka Fermansyah terkena tembakan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Bandara Aminggaru Ilaga, Kabupaten Puncak, Sabtu (19/2/2022) pagi.

"Korban tertembak merupakan anak bangsa Indonesia asli Papua dari Suku Biak," kata Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel Inf Aqsha Erlangga dalam rilis yang diterima Tribun-Papua.com, Sabtu (19/2/2022) siang.

"Praka Fermansyah dalam kondisi sadar, dan sudah dievakuasi menuju Puskesmas Ilaga," kata dia.

Selanjutnya, korban akan dievakuasi menggunakan helikopter TNI AU menuju Bandara Mozes Kilangin, Kabupaten Mimika, guna mendapatkan pertolongan medis.

KKB melancarkan serangan di area Bandara Aminggaru Ilaga, Distrik Omukia, sekira pukul 07.56 WIT.

Baca juga: Aksi Barbar KKB Lepaskan Tembakan Hingga Bakar Rumah Warga di Puncak Papua

Akibatnya, Praka Fermansyah terkena tembakan pada bagian bahu kanan.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas