Tribun

Warga Pulau Sebesi Keluhkan Kondisi Jalur Evakuasi Saat Terjadi Tsunami

Walaupun tidak memakan korban jiwa, tsunami bikin warga yang kehilangan rumahnya, bahkan ada seorang balita yang sampai sekarang belum ditemukan

Editor: Eko Sutriyanto
zoom-in Warga Pulau Sebesi Keluhkan Kondisi Jalur Evakuasi Saat Terjadi Tsunami
Tribunlampung/Dedi
Ilustrasi. Kondisi Pulau Sebesi pasca musibah tsunami. 

Laporan Wartawan Tribun Lampung  Dominius Desmantri Barus

TRIBUNNEWS.COM, LAMPUNG -  Warga Pulau Sebesi, Kecamatan Rajabasa, Lampung Selatan, hingga kini masih trauma kejadian tsunami selat Sunda.

Warga masih ingat betul tsunami itu memakan korban jiwa, harta benda, bahkan ada orang yang sampai sekarang belum ditemukan dan dampak terparah dirasakan warga Dusun 3 Pulau Sebesi.

Walaupun tidak memakan korban jiwa, banyak warga yang kehilangan rumahnya, bahkan ada seorang balita yang sampai sekarang belum ditemukan.

Seperti penuturan Kepala Dusun 3 Riko Iswanto yang  menyaksikan sendiri bagaimana keganasan tsunami Selat Sunda tersebut.

"Waktu sebelum tsunami kami lagi mancing di pinggiran pantai. Saat itu sudah mulai terasa bahwa akan ada bencana. Karena air tiba-tiba surut ke tengah hingga menyisakan pasir pantai saja," kata Riko, Senin (19/4/2022).

"Teman sudah mulai curiga dengan hal itu. Dan menyuruh kami semua naik ke atas. Tidak lama air rob datang. Rob yang pertama tidak terlalu besar. Hingga rob terakhir, hingga setengah pohon kelapa.

Kira-kira 1 meter tingginya," jelasnya.

Baca juga: Sumba Barat Daya Diguncang Gempa Magnitudo 5,1 dan Tak Berpotensi Picu Tsunami

 Riko mengatakan tidak ada korban jiwa atas kejadian tsunami tersebut namun banyak warganya yang kehilangan tempat tinggalnya.

"Kalau korban jiwa sih nggak ada, kalau sampai meninggal gitu.

Tapi banyak warga yang kehilangan harta bendanya, termasuk rumah," katanya.

"Kenapa tidak banyak korban jiwa, ya mungkin karena tempat kita ini muter.

Walaupun kalau diliat dari mata telanjang, Gunung Anak Krakatau ini ada di depan mata kita.

Kalau saya pernah nanya teman saya yang ngerti masalah geografis. Tempat kita ini posisinya di samping Gunung Anak Krakatau. jadi air ini kayak muter gitu," ujarnya.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas