Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Komjen Pol  Boy Rafli Amar : Indonesia masih Kekurangan Tempat Rehabilitasi Korban Narkoba

Boy Rafli mengatakan Indonesia masih menjadi pasar yang besar narkoba karena bagi bandar menjanjikan untung menggiurkan bahkan bisa 150 persen

Editor: Eko Sutriyanto
zoom-in Komjen Pol  Boy Rafli Amar : Indonesia masih Kekurangan Tempat Rehabilitasi Korban Narkoba
Tribun Jabar/Fam
Ketua Induk Keluarga Minangkabau, Komjen Pol  Boy Rafli Amar dan Ketua Gerakan Nasional Anti Narkotika, Henri Yosodiningrat saat membuka Alaika & Bro Stay Health and Resort sebagai lokasi rehabilitasi pencandu narkoba di Cibodas, Cianjur, Jumat (20/5/2022). 

TRIBUNNEWS.COM, CIANJUR -  Ketua Induk Keluarga Minangkabau, Komjen Pol  Boy Rafli Amar mengatakan, saat ini Indonesia masih kekurangan  tempat rehabilitasi untuk pecandu narkotika psikotropika dan obat terlarang.

Untuk memenuhi kebutuhan ini, perlu kerjasama semua pihak termasuk swasta untuk mendirikan tempat rehabilitasi.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme ini mengapresiasi pihak swasta yang bersedia menjadikan rumah atau vila untuk rehabilitasi pecandu narkoba

"Saya bangga ada warga yang villanya dijadikan tempat rehabilitasi karena kebutuhan akan rumah rehabilitasi merupakan tuntutan saat ini," ujar Boy usai meresmikan Alaika & Bro Stay Health and Resort di Cibodas, Cianjur, Jumat (20/5/2022).

Boy mengatakan, saat ini 60 persen penghuni lembaga pemasyarakatan berasal dari kasus narkoba.

Baca juga: Satu Keluarga di Jambi Berprofesi Sebagai Bandar Narkoba, Polisi Sita Sabu, Ekstasi, 3 Senjata Api

Ia mengatakan, Indonesia masih menjadi pasar yang besar narkoba karena bagi bandar menjanjikan untung menggiurkan bahkan bisa 150 persen.

"Kegiatan rumah rehabilitasi bukan hanya sekadar merawat dan merehab, bagaimana program pencegahan yang masif," katanya.

BERITA TERKAIT

Keberadaan Alaika and Bro di Cianjur merupakan alternatif dan pilihan baru bagi korban narkoba yang ingin direhabilitasi.

Ketua Gerakan Nasional Anti Narkotika, Henri Yosodiningrat mengapresiasi tempat rehabilitasi baru villa yang bernuansa sangat nyaman.

"Terus terang, kasus narkoba muaranya di rehabilitasi, maka rehabilitasi inisuatu pekerjaan yang berat dan sangat mulia," katanya.

Pemilik villa Sandareno, Nita Bonita mengatakan,  keinginan almarhum suaminya yang ingin menjadikan villa sebagai tempat yang bermanfaat dan produktif.

"Kami juga ingin berkontribusi menjadikan tempat villa ini sebagai tempat rehabilitasi yang menangani korban ketergantungan narkoba," ujarnya yang secara teknis bekerja sama dengan Derosa Group dan Yayasan Berkah Pelita Insani ini.

Nita mengatakan, para korban napza yang sudah menyelesaikan rehabilitasi akan diberi keahlian lebih seperti bercocok tanam hidroponik dan olahraga memanah untuk melatih konsentrasi. (Tribun Jabar/fam)

Sumber: Tribun Jabar
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas