Tribun

Kasus Pencabulan di Jombang

Ini yang Polisi Lakukan Pastikan Sosok Anak Kiai Jombang Tersangka Pencabulan yang Serahkan Diri

MSAT kini menjalani serangkaian tahapan pemeriksaan, mulai dari sidik jadi untuk memastikan bahwa sosok yang dibawa penyidik adalah benar sang pelaku

Editor: Wahyu Aji
zoom-in Ini yang Polisi Lakukan Pastikan Sosok Anak Kiai Jombang Tersangka Pencabulan yang Serahkan Diri
Tangkap layar Tribun
MSAT selaku tersangka dugaan pencabulan dibawa ke Polda Jawa Timur untuk ditahan. MSAT kini menjalani serangkaian tahapan pemeriksaan, mulai dari sidik jadi untuk memastikan bahwa sosok yang dibawa penyidik benar pelaku. 

TRIBUNNEWS.COM, SURABAYA - Mas Bechi atau Moch Subchi Al Tsani (MSAT) (42), anak kiai di Jombang, Jawa Timur yang menjadi tersangka dan DPO kasus pencabulan santriwati, menyerahkan diri.

Tersangka kini dibawa ke Mapolda Jatim, Jumat (8/7/2022) dini hari. 

MSAT kini menjalani serangkaian tahapan pemeriksaan, mulai dari sidik jadi untuk memastikan bahwa sosok yang menyerahkan diri adalah tersangka yang dicari selama ini.

"Kami lakukan upaya sidik jadi agar memastikan yang kita bawa betul-betul tersangka," ujar Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Dirmanto, Jumat (8/7/2022) dini hari. 

Dirmanto menjelaskan, kasus tersangka bakal dirilis oleh pihak penyidik Renakta IV Ditreskrimum Polda Jatim

Sekaligus, tersangka bakal dilimpahkan ke pihak Kejaksaan.

"Mengingat berkas kasus MSAT atas dugaan kekerasan seksual tersebut, sudah dinyatakan lengkap atau P-21 oleh Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jatim, sejak Selasa (4/1/2022). Kami akan rilis, dan berkoordinasi dengan pihak Kejaksaan," pungkasnya. 

Sebelumnya, lebih dari 15 jam Polisi mengepung Pondok Pesantren Shiddiqiyyah, Ploso, Jombang mencari keberadaan Moch Subchi Al Tsani alias MSAT (42) DPO tersangka kasus pencabulan santriwati.

Baca juga: Jemput Paksa Dihalangi Simpatisan, Polisi Serbu Persembunyian Anak Kiai Pelaku Pencabulan di Jombang

Setelah melalui proses panjang Polisi akhirnya berhasil jemput paksa tersangka MSAT alias Bechi kurang lebih sekitar pukul 23.30 WIB.

Tersangka MSAT menyerahkan diri dengan pengawalan ketat dibawa ke Mapolda Jawa Timur.

Kapolda Jatim, Irjen Pol Nico Afinta menjelaskan upaya jemput paksa yang dilakukan Polisi sejak pukul 08.00 tetap mengedepankan komunikasi dengan pihak orang tua yang bersangkutan.

"Dan akhirnya pada hari ini yang bersangkutan (Tersangka MSAT) menyerahkan diri kepada kami untuk ditahap dua kan," tandas Nico di Ponpes Shiddiqiyyah, Ploso Jombang, Kamis (7/7/2022) dini hari.

Sosok Mas Bechi

Mas Bechi merupakan putra dari pendiri dan pengasuh Ponpes Majmaal Bahrain Shiddiqiyyah, Kiai Muchamad Muchtar Mu'thi.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas