Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

3 Pimpinan Negara Federal Republik Papua Barat Diamankan terkait Aksi Makar di Bandara Deo Sorong

Tiga pimpinan NFRPB dipangkap karena diduga melakukan tindakan makar di Bandara Dominic Eduard Osok (Deo) Kota Sorong, Papua Barat.

Editor: Dewi Agustina
zoom-in 3 Pimpinan Negara Federal Republik Papua Barat Diamankan terkait Aksi Makar di Bandara Deo Sorong
Dok Istimewa
Satreskrim Polres Sorong Kota dan Tim Cycloop Polres Jayapura mengamankan tiga orang pucuk pimpinan Negara Federal Republik Papua Barat (NFRPB) di Doyo Baru, Distrik Waibu, Kabupaten Jayapura. Foto suasana penyambutan tiga petinggi Negara Federal Republik Papua Barat (NFRPB) di Bandara Deo Sorong, Papua Barat, Selasa (13/9/2022) lalu. 

TRIBUNNEWS.COM, SORONG - Satreskrim Polres Sorong Kota dan Tim Cycloop Polres Jayapura mengamankan tiga orang pucuk pimpinan Negara Federal Republik Papua Barat (NFRPB) di Doyo Baru, Distrik Waibu, Kabupaten Jayapura.

Ketiganya dipangkap karena diduga melakukan tindakan makar di Bandara Dominic Eduard Osok (Deo) Kota Sorong, Papua Barat.

Kapolres Sorong Kota AKBP Johannes Kindangen membenarkan terkait upaya penangkapan itu, Selasa (20/9/2022).

"Iya sudah ditangkap," ucap Kapolres Sorong Kota AKBP Johannes Kindangen kepada TribunPapuaBarat.com, melalui pesan WhatsApp.

Baca juga: Sidang Vonis 3 Jenderal NII Kasus Makar di Garut Ditunda

Hal senada diungkapkan Kapolres Jayapura AKBP Fredrickus Maclarimboen.

"Untuk interogasi awal, ketiga pelaku mengakui telah melakukan kegiatan (makar) di Bandara Deo Sorong, pada tanggal 13 September 2022 lalu," tuturnya.

Ketiga pelaku yang telah diamankan berinisial YB, MOS dan EW.

BERITA TERKAIT

Mereka diduga memiliki peran penting seperti Staf KASAD NFRPB, Sekretaris Negara NFRPB dan Penasihat Presiden NFRPB.

"Kita juga mengamankan barang bukti seperti seragam loreng TNPB dan dua seragam PNBP lengkap dengan atributnya," jelasnya.

Rencananya, seragam itu digunakan dalam HUT ke-11 deklarasi kelompok NFRPB yang jatuh pada 19 Oktober 2022.

Selain itu, berdasarkan informasi yang dihimpun TribunPapuaBarat.com, operasi penangkapan itu dipimpin langsung oleh Kanit Jatanras Polres Sorong Kota, Ipda Dwi Prawoko dan dibantu Timsus Polres Jayapura. (TribunPapuaBarat.com/Safwan Ashari)

Artikel ini telah tayang di Tribunpapuabarat.com dengan judul Diduga Gelar Aksi Makar, 3 Pucuk Pimpinan NFRPB Ditangkap Aparat di Bandara Deo Sorong

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas