Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Cerita Prajurit Satgas Pamtas Yonif 711/Rks Terjun ke Sungai Selamatkan Dua Anak Tenggelam di Keerom

Prajurit Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 711/Rks Brigif 22/OM selamatkan 2 anak yang tenggelam terbawa arus sungai di Kampung Wambes, Keerom.

Penulis: Gita Irawan
Editor: Theresia Felisiani
zoom-in Cerita Prajurit Satgas Pamtas Yonif 711/Rks Terjun ke Sungai Selamatkan Dua Anak Tenggelam di Keerom
Penerangan Satgas Pamtas Yonif 711/Rks
Prajurit Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 711/Rks Brigif 22/OM yang berada di Pos Wambes Papua berhasil menyelamatkan dua anak Papua bernama Domingkus (10) dan Junior (9) yang terjatuh dan tenggelam terbawa arus sungai di Kampung Wambes, Distrik Arso Timur, Kabupaten Keerom. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Prajurit Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 711/Rks Brigif 22/OM yang berada di Pos Wambes Papua berhasil menyelamatkan dua anak bernama Domingkus (10) dan Junior (9) yang terjatuh dan tenggelam terbawa arus sungai di Kampung Wambes, Distrik Arso Timur, Kabupaten Keerom.

Aksi penyelamatan tersebut berawal dari Danpos Wambes Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 711/Rks Letda Inf Eka Yudha Siregar beserta 10 orang anggota melaksanakan anjangsana dan Komsos di Kampung Wambes pada Senin (10/10/2022) lalu.

Tiba-tiba Eka didatangi oleh seorang warga bernama Piter yang meminta tolong setelah melihat dua anak terbawa arus sungai di Kampung Wambes. 




Eka beserta 10 orang anggota kemudian bergegas menuju lokasi tempat kejadian tersebut untuk melakukan pencarian.

Baca juga: Kemendagri: Data Bulan Oktober, Realisasi APBD Provinsi Papua Rendah 

Setelah menyusuri sungai, personel Satgas Pamtas Yonif 711/Rks berhasil menemukan korban tersangkut di dahan pohon pinggir sungai yang cukup deras.

Eka bersama anggotanya Pratu Julian kemudian melompat ke sungai untuk mengevakuasi korban yang sudah tidak sadarkan diri.

Kedua korban berhasil diangkat ke pinggiran sungai kemudian dilakukan tindakan pertolongan pertama oleh personel TNI Satgas Pamtas Yonif 711/Rks.

BERITA TERKAIT

''Setelah diangkat ke pinggir sungai kondisinya tidak sadarkan diri, kemudian dua anak tersebut diberikan pertolongan pertama nafas buatan karena sang anak banyak minum air sungai," kata Eka dalam keterangannya pada Sabtu (15/10/2022).

''Setelah kedua korban sadar dengan kondisi agak lemas, selanjutnya personel membawanya pulang ke rumah orang tuanya yakni Martina (54) untuk dicek kondisi kesehatannya dan dilaporkan ke Dansatgas," kata Eka.

Baca juga: Kapal Tenggelam di Sungai Mekong Tewaskan 14 Anak Sekolah 

Setibanya di rumah orang tua mereka, kata Eka, Pratu Julian memberikan makan dan minum serta vitamin, sehingga kondisinya membaik.

Di tempat terpisah, Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif 711/Rks Letkol Inf Mutakbir membenarkan kejadian tersebut dan bersyuukur dua anak tersebut selamat.

"Memang betul, ada anak warga Papua yang terjatuh ke sungai di Wambes dan berhasil kita evakuasi dan diberi pertolongan oleh anggota satgas Pamtas Yonif 711/Rks. Kita semua bersyukur, kedua korban dapat diselamatkan," kata Mutakbir.

Sementara Martina selaku orang tua anak tersebut menyampaikan syukur dan terima kasih kepada Personel Pos Pamtas Wambes Yonif 711/Rks.

''Entah apa jadinya jika tidak ada bapak TNI yang cepat mencari dan menemukan anak kami yang terseret arus sungai. Semoga Tuhan senantiasa memberkati mereka dan melindungi mereka yang bertugas di Desa wambes ini," kata Martina.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas