Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kementan Beri Bantuan Rp 2,69 Miliar untuk Korban Gempa Bumi Cianjur

Kementan salurkan bantuan sebesar Rp 2,69 miliar untuk korban bencana gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat dalam bentuk bahan pangan.

Editor: Arif Fajar Nasucha
zoom-in Kementan Beri Bantuan Rp 2,69 Miliar untuk Korban Gempa Bumi Cianjur
Istimewa
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) mendadak jadi news anchor dalam program siaran primetime news yang tayang di MetroTV pada Kamis petang (24/11/2022). Dalam kesempatan ini, SYL membacakan kabar bantuan Kementan untuk korban gempa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Willy Widianto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Pertanian (Kementan) memberikan bantuan sebesar Rp 2,69 miliar untuk korban bencana gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat.

Bantuan tersebut diberikan dalam bentuk bahan pangan berupa, beras, minyak goreng, air mineral, telur, margarin, biskuit dan makanan bayi, serta baju layak pakai.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan bahwa bencana gempa Cianjur merupakan tanggung jawab bersama yang menguji rasa nasionalisme dan ketakwaan keberagamaan kita.

"Terima kasih kepada asosiasi-asosiasi serta mitra Kementan, dan seluruh jajaran pegawai Kementan yang turut merasakan bagaimana musibah yang sedang dialami saudara-saudara kita di Cianjur dengan bentuk bantuan kemanusiaan ini," kata Mentan dalam pernyataannya, Jumat (25/11/2022).

Kepedulian dan bentuk perhatian hari ini menurut Mentan adalalah bentuk pengejawantahan nilai-nilai Pancasila dalam menjalani hidup berbangsa dan bernegara.

Baca juga: Relawan Salurkan Bantuan untuk Korban Gempa Cianjur ke Desa yang Sulit Diakses

"Hari ini kita tunjukkan, kita sebagai umat beragama, sebagai sesama anak bangsa. Jangan dilihat dari kecil-besarnya bantuan tapi bagaimana ketulusan dan kepedulian kita semua untuk meringankan kesedihan mereka. Dan yang penting, mereka tidak merasa sendiri, karena ada kita semua yang siap membantu," ungkapnya.

BERITA REKOMENDASI

Kementan bersama mitra, lebih lanjut menurut Mentan SYL selalu hadir dalam setiap bencana. Hal itu menurutnya sebagai bentuk hadirnya negara di tengah penderitaan rakyatnya.

Sementara itu, Johnny Ponto, perwakilan GAPKI menyampaikan dan mendoakan semoga korban dan warga di Cianjur diberikan kekuatan dan kesabaran.

"Kami dari GAPKI turut prihatin dan berharap apa yang disampaiakan Bapak Menteri tadi, warga Cianjur lebih baik lagi kondisinya. Kami turut berpartisipasi menyediakan air mineral, biskuit dan makanan anak-anak. Karena menurut kami, hal itu sangat dibutuhkan warga di sana," jelas Johnny Ponto yang menjabat sebagai CEO PT Salim Ivomas Pratama, tbk.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas