Tribun

Imunisasi Polio

33 Ribu Anak Bireuen Sudah Diimuniasi Cegah Polio Dalam Tiga Hari

Setiap kecamatan bersama tim Muspika mulai dari Danramil, Polsek, tenaga medis, pengurus PKK  turun ke desa-desa dan sekolah sasaran lakukan imunisasi

Editor: Srihandriatmo Malau
zoom-in 33 Ribu Anak Bireuen Sudah Diimuniasi Cegah Polio Dalam Tiga Hari
Serambi Indonesia
Tim Muspika Jangka, Bireuen, Selasa (06/12/2022) melakukan imunisasi di SDN 11 Jangka Bireuen. Dalam Tiga Hari, Sebanyak 33 Ribu Anak Bireuen Sudah Diimuniasi Cegah Polio. 

TRIBUNNEWS.COM, BIREUEN – Program imunisasi cegah polio di Bireuen yang dilaksanakan serentak sejak Senin (5/12/2022) sudah menjangkau 33.598 anak lebih yang tersebar di 17 kecamatan.

Setiap kecamatan bersama tim Muspika mulai dari Danramil, Polsek, tenaga medis, pengurus PKK  turun ke desa-desa dan sekolah sasaran melakukan imunisasi terhadap anak.

Kadiskes Bireuen, dr Irwan mengatakan, pencanangan dilakukan Senin (5/12/2022) kemudian seluruh camat bersama Danramil, Polsek, Puskesmas langsung membentuk tim masing-masing dan turun ke desa-desa. 

Jumlah sasaran imunisasi polio anak usia 0-13 tahun sebanyak 95.211 anak dari jumlah penduduk 483.733 orang.

Jumlah 95.211 anak tersebar dalam 20 wilayah kerja Puskesmas  tersebar di 17 kecamatan di Bireuen sebagai sasaran dalam kegiatan imunisasi Polio. 

Selama tiga hari mulai Senin hingga Rabu (7/12/2022) sebanyak 33.508 anak telah diimunisasi. 

Target untuk Kabupaten Bireuen tahap pertama harus mencapai 95 persen selama satu minggu pelaksanaannya, dan telah dilaksanakan di gampong (desa) dan sekolah sasaran. 

Baca juga: Kemenkes Sebut Cakupan Imunisasi Polio Semua Provinsi Belum Capai Target 95 Persen

Apabila target belum tercapai, maka akan dilaksanakan berulang-ulang.

Camat Jangka Bireuen, Alfian S Sos mengatakan, melaksanakan imunisasi polio dibentuk 15 tim terdiri dari unsur kecamatan, Koramil, Polsek, Puskesmas dan pengurus PKK. 

Sasaran imunisasi di Jangka sebanyak 6.368 anak, hingga Selasa (06/12/2022) sebanyak 2.681 anak sudah
diimunisasi.

Baca juga: IDAI Ungkap Beberapa Alasan Orang Tua di Kabupaten Pidie Aceh Enggan Imunisasi Polio Anaknya

“Tim masih terus turun ke desa-desa melakukan imunisasi,” sebutnya. 

Sementara itu di Peusangan juga membentuk belasan tim turun ke desa-desa melakukan imunisasi.

Babinsa Koramil 06/Peusangan, Serka Muzakkir kepada Serambinews.com mengatakan, Danramil 06/Peusangan Kodim 0111/ Bireuen bersama Muspika menghadiri acara Pekan Imunisasi Nasional (PIN), anak-anak Berusia 0-12 tahun. 

Program ini bertujuan mencegah Penyakit Lumpuh Layu (Polio) terhadap anak-anak  di masa pertumbuhan salah satunya  di Desa Pante Ara, Peusangan dan berbagai desa lainnya.

“Unsur Muspika Peusangan turun ke desa-desa melakukan imunisasi bagi ratusan anak-anak," ujar Serka Muzakkir.

Informasi diperoleh Serambinews.com, seluruh kecamatan bergerak serentak bersama Danramil, Polsek, Puskesmas dan lainnya turun ke desa-desa, sekolah, melakukan imunisasi bagi anak dengan menetes vaksin tersebut ke dalam mulut anak.(*)

Artikel ini telah tayang di SerambiNews.com dengan judul Dalam Tiga Hari, Sebanyak 33 Ribu Anak Bireuen Sudah Diimuniasi Cegah Polio 

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas