Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

122 Ahli Waris Korban Gempa Cianjur Terima Dana Kerahiman Rp 15 Juta, 480 Korban Lainnya Menyusul

Untuk tahap pertama sebanyak 122 korban meninggal akibat gempa Cianjur telah mendapatkan dana kerahiman yang disalurkan oleh Pemkab Cianjur.

Editor: Dewi Agustina
zoom-in 122 Ahli Waris Korban Gempa Cianjur Terima Dana Kerahiman Rp 15 Juta, 480 Korban Lainnya Menyusul
Tribun Jabar/Fauzi Noviandi
Sebanyak 5.000 personil gabungan TNI-Polri dikerahkan untuk membersihkan puing-puing bangunan rusak terdampak gempa Cianjur. Sebanyak 122 korban meninggal akibat gempa Cianjur telah mendapatkan dana kerahiman yang disalurkan oleh Pemkab Cianjur. 

Laporan Kontributor Kabupaten Cianjur, Fauzi Noviandi

TRIBUNNEWS.COM, CIANJUR - Bupati Cianjur Herman Suherman mengungkapkan jumlah korban meninggal dunia akibat gempa bumi magnitudo 5,6 di Cianjur pada 21 November lalu total tercatat sebanyak 602 jiwa.

Semua korban meninggal akan mendapatkan dana kerahiman.

Untuk tahap pertama ini sebanyak 122 korban meninggal akibat gempa Cianjur telah mendapatkan dana kerahiman yang disalurkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur.

"Tahap pertama dana kerahiman sebesar Rp 15 juta sudah diberikan kepada sebanyak 122 ahli waris korban meninggal dunia," kata Herman Suherman kepada wartawan, Kamis (15/12/2022).

Baca juga: Kementerian PUPR Kirim 208 CPNS Tangani Pasca Gempa Cianjur Selama 5 Bulan

Sedangkan sisanya sebanyak 480 jiwa saat ini sedang diajukan kepada Kementerian Sosial (Kemensos).

"Sisanya sebanyak 480 itu akan diajukan secara bertahap, untuk tahap kedua itu mencapai 375 ahli waris, dan tahap ketiga sisanya yaitu 105 ahli waris. Dan semoga dalam waktu dekat bisa segera cair," ucapnya.

BERITA TERKAIT

Sebelumnya, Bupati Cianjur Herman Suherman menyebutkan jumlah korban meninggal dunia akibat gempa bumi sebanyak 602 jiwa dipastikan telah tervalidasi.

Herman mengatakan, pihaknya telah mengelar rapat bersama BNPB terkait adanya perbedaan jumlah data korban jiwa akibat meninggal dunia akibat gempa bumi.

"Dalam rapat bersama BNPB soal jumlah korban meninggal dunia sebanyak 602 jiwa itu sudah clear dan tidak dipermasalahkan," kata Herman kepada wartawan.

Menurutnya, jumlah korban meninggal sebanyak 602 jiwa tersebut muncul ketika saat melakukan pendataan untuk uang kerahiman kepada Kemensos.

Baca juga: Beda Data Jumlah Korban Tewas Gempa Cianjur Antara Bupati dan BNPB, Begini Respons Ridwan Kamil

"Jadi pada saat kita akan mengajukan uang kerahiman pemerintah mencatat korba jiwa mulai dari tingkat RT, desa hingga ke setisp kecamatan dan muncullah jumlah itu," kata dia.

Bahkan data yang didapatkan dari BPBD jumlah korban meninggal dunia sebanyak 638 jiwa.

Namun pihaknya telah menganulir beberapa data karena tidak sesuai dengan by name by addres.

"Barusan sudah dicek kembali bersama BNPB dan itu tidak ada masalah, karena itu data real dari lapangan, karena sesuai dengan nama, alamat, tanggal kematian, dan surat keterangan meninggal. Kita tinggal melalukan validasi data di website BNPB," kata dia.

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul Dana Kerahiman Tahap Pertama Bagi Korban Meninggal Akibat Gempa Cianjur Sudah Dicairkan Pemkab

Sumber: Tribun Jabar
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas