Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Nyali Pemuda di Boyolali Produksi Gamelan, Buka Lapangan Kerja, Tepis Stigma Tak Modern

Di usia yang relatif muda, Fajar sukses membangun usaha produksi gamelan yang ia rintis secara mandiri sekitar 3 tahun lalu.

Penulis: Daryono
Editor: Pravitri Retno W
zoom-in Nyali Pemuda di Boyolali Produksi Gamelan, Buka Lapangan Kerja, Tepis Stigma Tak Modern
Tribunnews.com/Daryono
Lilik Dwi Fajar Riyanto (31), pemilik usaha produksi gamelan di Malangan RT 14 RW 3 Desa Dukuh, Kecamatan Banyudono, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Daryono

TRIBUNNEWS.COM – “Buka usaha kok gamelan, kok nggak (usaha yang) modern.” Demikian cibiran yang diterima Lilik Dwi Fajar Riyanto kala awal-awal merintis usaha produksi gamelan di Kecamatan Banyudono, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, sekitar 3 tahun lalu.

Cibiran itu datang dari sebagian kawannya, sesama anak muda.

Menerima cibiran itu, Fajar, demikian ia akrab disapa, tidak memedulikannya. 

“Cibiran itu saya jawab santai sambil guyonan.’Daripada kamu, anak muda tidak punya usaha’. Kadang saya balas begitu,” kata Fajar saat ditemui di rumah produksi gamelan miliknya di Malangan RT 14  RW 3 Desa Dukuh, Kecamatan Banyudono, Selasa (27/12/2022).

Cibiran itu nyatanya justru ia jadikan motivasi.

"Mereka belum tahu saja nikmatnya usaha gamelan. Untung dari usaha gamelan itu tidak ada ukuran pasti. Beda dengan jual alat musik lainnya yang harganya dengan mudah bisa dicek di marketplace," ujarnya. 

BERITA TERKAIT

Di usia yang relatif muda, Fajar sukses membangun usaha produksi gamelan yang ia rintis secara mandiri sekitar 3 tahun lalu.

Pemuda yang kini berusia 31 tahun ini menjual gamelan ke berbagai kota di Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Jawa Barat. Tak jarang, pesanan juga datang dari luar Jawa.  

Lilik Dwi Fajar Riyanto (31), pemilik usaha produksi gamelan saat ditemui di rumah produksi gamelan miliknya di Malangan Rt 14  Rw 3 Desa Dukuh, Kecamatan Banyudono, Boyolali, Jawa Tengah, Selasa (27/12/2022).
Lilik Dwi Fajar Riyanto (31), pemilik usaha produksi gamelan saat ditemui di rumah produksi gamelan miliknya di Malangan Rt 14 Rw 3 Desa Dukuh, Kecamatan Banyudono, Boyolali, Jawa Tengah, Selasa (27/12/2022). (Tribunnews.com/Daryono)

Dari menjual gamelan ini, omzet usahanya minimal Rp 100-150 juta setahun. Bahkan ia pernah menerima pesanan gamelan sebanyak 7 set dari Kabupaten Purbalingga dengan nilai transaksi hingga Rp 1,4 miliar.

Gamelan-gamelan itu didatangkan Fajar dari sejumlah UKM perajin gamelan di Kecamatan Bekonang, Kabupaten Sukoharjo dalam bentuk setengah jadi.

Setelah itu, Fajar melakukan proses finishing dan memasarkannya.

“Di sini hanya finishing. Karena tanah di sini belum cocok untuk pembuatan gamelan. Tanah untuk pembuatan gamelan harus tekstur tanah liat, sedangkan tanah di daerah sini tanah berpasir. Jadi kualitasnya kurang bagus kalau untuk proses pembuatan gamelan,” ujar dia.

Fajar melayani pemesanan gamelan baik untuk bijian maupun satu set.

Halaman
1234
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas