Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jokowi: Kita Terlambat Bangun Transportasi Publik

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan Indonesia terlambat dalam membangun transportasi publik utamanya di kota kota besar atau ibu kota provinsi.

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Jokowi: Kita Terlambat Bangun Transportasi Publik
Youtube Sekretariat Presiden
Presiden Jokowi resmikan depo Kereta Api Maros di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan pada Rabu 29 Maret 2023. Ini adalah kereta api pertama di pulau Sulawesi. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Taufik Ismail

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan Indonesia terlambat dalam membangun transportasi publik utamanya di kota kota besar atau ibu kota provinsi.

Padahal kata Presiden membangun transportasi publik merupakan hal mendasar untuk menghubungkan wilayah-wilayah di Indonesia.




“Hampir di semua pulau besar, kemudian di kota-kota utamanya ibu kota, kita ini terlambat dalam membangun transportasi publik, transportasi massal. Utamanya terlambat padahal itu hal yang sangat basic untuk menghubungkan antar-provinsi, antar-kota dan kabupaten,” kata Jokowi pada acara Peresmian Pengoperasian Jalur KA Lintas Makassar-Parepare Antar Maros-Barru dan Depo KA Maros, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan (29/3/2023).

Akibat dari  keterlambatan membangun infrastruktur transportasi massal seperti kereta api, kata Presiden, semua orang sekarang ini berbondong-bondong menggunakan kendaraan pribadi. Eksesnya kemacetan terjadi di mana-mana.

“Karena kalau tidak semua orang nanti naik mobil pribadi tidak ada yang mau menggunakan transportasi massal. Akhirnya seperti yang sekarang kita lihat karena keterlambatan membangun transportasi masal, baik untuk penumpang maupun untuk barang, semua berbondong-bondong menggunakan kendaraan pribadi akhirnya macet di semua kota sekarang ini,” katanya.

Baca juga: Kunjungi Sulawesi Selatan, Presiden Jokowi Dijadwalkan Bagikan Paket Sembako di Pasar Tramo Maros

Menurut Presiden jalur kereta api menjadi  sangat dasar untuk dibangun.

BERITA TERKAIT

Membangun infrastruktur kereta api merupakan yang paling murah.

Oleh karenanya ia membangun jalur kereta api di Sulawesi Selatan.

“Pada saat saya perintah sudah kita fokus dulu apakah di Kalimantan atau di Sulawesi, diputuskan di Sulawesi,” kata Jokowi.

Presiden mengatakan jalur kereta api Trans Sulawesi nantinya akan menyambungkan Makassar sampai Manado.

Saat ini jalur kereta api baru dari Makasar sampai Pare-pare.

“Dan yang sekarang yang ingin kita resmikan ini jalur dari Maros Barru jadi ini, Makassar nanti kemudian ke sana ke Parepare,” katanya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas