Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

5 Orang yang Ditangkap di Nduga Mengaku Kenal Yotam Bugiangge, Pecatan TNI AD yang Gabung KKB

Lima orang diduga anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang ditangkap aparat keamanan, Selasa (30/5/2023) mengaku mengenal Yotam Bugiangge.

Editor: Dewi Agustina
zoom-in 5 Orang yang Ditangkap di Nduga Mengaku Kenal Yotam Bugiangge, Pecatan TNI AD yang Gabung KKB
ISTIMEWA via TribunPapua
Prada Yotam Bugiangge. Lima orang diduga anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang ditangkap aparat keamanan, Selasa (30/5/2023) mengaku mengenal Yotam Bugiangge. Diketahui Yotam Bugiangge adalah pecatan TNI ada yang membelot dan bergabung dengan KKB. 

TRIBUNNEWS.COM, PAPUA - Lima orang diduga anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang ditangkap aparat keamanan, Selasa (30/5/2023) mengaku mengenal Yotam Bugiangge.

Diketahui Yotam Bugiangge adalah pecatan TNI ada yang membelot dan bergabung dengan KKB.

Kelima orang tersebut sebelumnya ditangkap di Kampung Nogolait, Distrik Kenyam, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan.

Mereka diduga anggota KKB.

Baca juga: Soal Operasi Pembebasan Pilot Susi Air yang Disandera KKB di Papua, Wapres: Jangan Sampai Ada Korban

Penangkapan kelima orang itu dilakukan sehari setelah aparat menangkap dua orang yang diduga terkait KKB yakni MK dan IK.

Di mana satu di antara dua orang tersebut masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) kasus pembunuhan 11 warga di Kampung Nogolait pada Juli 2022.

Kapolres Nduga AKBP Rio Alexander Penelewen mengungkapkan, kelima orang yang ditangkap itu adalah PB, AK, DB, JK dan PK.

BERITA TERKAIT

PK, melarikan diri sehingga tidak sempat ditahan.

Masing-masing orang yang ditangkap telah diambil keterangannya dan semuanya mengenal sosok Yotam Bugiangge.

"Ini adalah bagian dari proses penegakan hukum yang sudah diperintahkan oleh Kapolda (Papua) untuk menangani kasus kriminal yang dilakukan KKB," ujar Rio melalui pesan singkat, Rabu (31/5/2023).

Kelompok tersebut, terang Rio, dalam beberapa waktu terakhir telah melakukan aksi kriminal dan mengancam warga apabila permintaan mereka tidak dipenuhi.

Baca juga: KKB Serang Personel saat Patroli di Distrik Kenyam, Nduga, Mobil Rantis Terkena Tembakan

"Warga yang berada di Kompleks Nogolait sering mendapat ancaman dan didatangi oleh Yotam Bugiangge dan pasukannya untuk meminta bantuan bama (bahan makanan) maupun uang. Apabila tidak diberikan akan diancam untuk dibunuh," tuturnya.

Rio juga menyebut bahwa banyak keluarga dari Yotam Bugiangge yang tinggal di Nogolait, sehingga lokasi tersebut menjadi lokasi persinggahannya.

Diberitakan sebelumnya, kontak tembak antara Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) terjadi di Kampung Nogoloit, Distrik Kenyam, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan, pada Jumat (26/5/2023) dan Senin (29/5/2023).

Aparat keamanan kemudian berhasil menangkap anggota KKB berinisial MK yang diduga ikut terlibat dalam aksi pembunuhan 11 warga di Kampung Nogoloit pada September 2022.

Selain itu, aparat juga menangkap IK yang diduga menjadi simpatisan KKB.

Artikel ini telah tayang di Tribun-Papua.com dengan judul 5 Orang Diduga Anggota KKB di Nduga Ditangkap, Akui Kenal Yotam Bugiangge saat Diperiksa Aparat

Sumber: Tribun Papua
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas