Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pemuda Taiwan yang Dirawat Siti Aisah Overstay, Imigrasi Karawang Tak Lakukan Deportasi

Pria asal Taiwan yang dirawat Siti Aisah telah overstay di Indonesia. Kantor Imigrasi Karawang menyatakan tak akan mendeportasinya.

Editor: Abdul Muhaimin
zoom-in Pemuda Taiwan yang Dirawat Siti Aisah Overstay, Imigrasi Karawang Tak Lakukan Deportasi
Tribun Jabar
Siti Aisah (37) harus merawat anak majikannya asal Taiwan, Siau Huang, yang mengalami down syndrom, di rumahnya di Desa Kamojing, Kecamatan Cikampek, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. 

TRIBUNNEWS.COM - Beredar viral Tenaga Kerja Wanita (TKW) asal Karawang, Jawa Barat bernama Siti Aisah membawa pulang anak majikannya yang mengalami disabilitas dan down syndrome.

Siau Huang (26), warga Taiwan kini tinggal bersama Siti Aisah.

Meski Siau Huang atau Huang Che Ming (nama identitas) sudah overstay, Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Karawang menyatakan tidak akan mendeportasinya.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Karawang, Barlian Gunawan menjelaskan, ada rasa kemanusiaan yang dikedepankan dalam kasus tersebut.

"Dari data kami memang bersangkutan overstay 3 tahun 10 bulan. Karena sisi kemanusiaan kami tidak asal langsung mendeportasi," katanya kepada awak media di kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Karawang pada Selasa (6/6/2023).

Baca juga: Sama Seperti Anaknya, Ibu Siti Aisyah juga Rawat Anak Majikan Disabilitas di Taiwan, Sudah 15 Tahun

Ia menerangkan, Huang Che Ming masuk ke Indonesia pada 06 Juni 2019 dengan menggunakan bebas visa kunjungan (BVK).

Selama berada di Indonesia, tidak pernah melakukan perpanjangan izin tinggalnya.

BERITA TERKAIT

"Kita sudah datangi ke rumah Siti Aisah, kita pahami kondisinya seperti apa. Kami juga sudah komunikasi dengan pimpinan, dan memang WNA itu juga sedang sakit dan membahayakan negara," ungkapnya.

Barlian juga menambahkan, pihaknya telah menjalin komunikasi dengan Taipei Economic and Trade Office (TETO) terkait keberadaan Huang Che Ming di Indonesia.

Berdasarkan hasil koordinasi yang telah dilakukan, pihak TETO telah berkomunikasi dengan Siti Aisah melalui panggilan video call.

TETO juga direncanakan akan mendatangi kediaman Siti Aisah serta melakukan upaya pencarian keluarga Huang Che Ming yang berada di Taiwan.

"Melalui langkah koordinasi yang telah terbangun, diharapkan dapat ditemui solusi dari persoalan ini, tentunya dengan tetap mengedepankan nilai-nilai kemanusiaan," katanya.

Sebelumnya, Kisah Siti Aisah (37), eks tenaga kerja wanita atau TKW asal Karawang membawa pulang anak majikannya viral di media sosial.

Baca juga: Rawat Anak Mantan Majikan yang Menderita Down Syndrome di Indonesia 4 Tahun, Ini Harapan Siti

Siti mengungkapkan kronologi lengkap dan alasan mengapa dirinya rela merawat anak majikannya dan dibawa ke Indonesia.

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas