Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Warga Demo di Depan Ponpes Al Zaytun Indramayu, Ridwan Kamil akan Berkoordinasi dengan MUI

Ridwan Kamil akan berkoordinasi dengan MUI menyelesaikan polemik Ponpes Al Zaytun karena masuk ranah fikih. MUI Jabar telah bentuk tim khusus.

Penulis: Faisal Mohay
Editor: Salma Fenty
zoom-in Warga Demo di Depan Ponpes Al Zaytun Indramayu, Ridwan Kamil akan Berkoordinasi dengan MUI
Kolase Tribunnews.com
Ponpes Ponpes Al Zaytun di Indramayu, Jawa Barat digeruduk massa, Kamis (15/6/2023). Pendemo tuntut 5 hal hingga ponpes siapkan aksi tandingan. Ridwan Kamil akan berkoordinasi dengan MUI. 

TRIBUNNEWS.COM - Massa yang mengatasnamanakan Forum Indramayu Menggugat (FIM) melakukan aksi di depan Ponpes Al Zaytun, Kamis (15/6/2023).

Mereka mendesak Majelis Ulama Indonesia (MUI) memeriksa adanya dugaan aliran sesat yang ada di lingkup Ponpes Al Zaytun.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil akan berkoordinasi dengan MUI terkait dugaan ajaran sesat di Ponpes Al Zaytun, Indramayu, Jawa Barat.

Menurut polemik Ponpes Al Zaytun masuk ke ranah fikih dan ada di wilayah para ulama.

"Jadi, kami sedang berkoordinasi menunggu fatwa dari MUI, kalau fatwanya harus ada tindakan secara keagamaan, maka pemerintah Jawa Barat akan melakukan sebuah ukuran, karena urusan agama, fiskal, hubungan luar negeri, yustisi, pertahanan keamanan ada wilayah pusat," ungkapnya, Kamis (15/6/2033), dikutip dari TribunJabar.id.

Baca juga: Ridwan Kamil Diminta Menegur Pengurus Al Zaytun agar Tidak Menyampaikan Pernyataan Kontroversi

Ridwan Kamil menambahkan permasalahan ini harus mendapat sorotan langsung dari Kementerian Agama melalui Kanwil Kemenag.

"Ya, sesuai peraturan perundang-undangan, tapi urusan kondusivitas, menjaga kemanan, demonya tidak merusak itu urusan pemerintah daerah, jadi kami menunggu rekomendasi dari mereka," imbuhnya.

BERITA TERKAIT

Politisi partai Golkar ini berjanji akan malakukan rapat terkait polemik Ponpes Al Zaytun.

Sementara itu, Sekretaris MUI Jabar, Rafani Achyar mengatakan pihaknya sudah melakukan pertemuan dengan Pemprov Jabar, Polda Jabar dan Kodam III/Siliwangi untuk menindaklanjuti dugaan aliran sesat di Ponpes Al Zaytun.

Hasil dari pertemuan tersebut dibentuklah tim khusus (Timsus) untuk menangani masalah ini.

"Jadi, kemarin belum ada seminggu, kita ini kan ada rapat gabungan di Jabar, gabungan dari Kodam, Polda, Pemda, dari MUI dan Kemenag. Nah, itu simpulannya mau membentuk tim khusus," terangnya.

Selain MUI Jabar, MUI Pusat juga membentuk Tim khusus sendiri.

Baca juga: Warga Demo di Depan Ponpes Al Zaytun, Pihak Ponpes Siapkan Anjing Herder dan Massa Tandingan

"Kemudian di pusat ternyata juga membentuk tim gitu, jadi kalau ada yang demo sekarang, ada tuntutan segera (mengusut), itu tepat menurut saya," lanjutnya.

Berdasarkan pengamatannya, Ponpes Al Zaytun sudah melakukan sejumlah kontroversi.

Halaman
1234
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas