Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Perayaan Idul Adha di IKN, Pimpinan Otorita IKN Sempatkan Berkumpul dengan Pekerja dan Warga

Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Bambang Susantono bersama sejumlah pejabat OIKN ikut merayakan Idul Adha di IKN

Penulis: Lita Febriani
Editor: Sanusi
zoom-in Perayaan Idul Adha di IKN, Pimpinan Otorita IKN Sempatkan Berkumpul dengan Pekerja dan Warga
Tribunnews.com/ Danang Triatmojo
Kepala Otorita IKN Nusantara, Bambang Susantono dalam acara Sosialisasi Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2023, di Ciputra Artpreneur, Karet Kuningan, Setiabudi, Jakarta Selatan (23/5/2023). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, BALIKPAPAN - Nuansa hangat mewarnai perayaan Hari Raya Idul Adha di Ibu Kota Nusantara (IKN), Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, pada Kamis (29/6/2023).

Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Bambang Susantono bersama sejumlah pejabat OIKN ikut merayakan Idul Adha di IKN, dengan mengadakan agenda makan pagi bersama pekerja dan memberikan hewan kurban ke desa-desa di sekitar Kawasan IKN.

Baca juga: Ganjar Pranowo Puji Presiden Jokowi: Infrastruktur Hebat, IKN Tidak Hanya Pindahkan Ibu Kota




Makan pagi digelar bersama kurang lebih 300 pekerja, termasuk pekerja konstruksi, keamanan dan housekeeping yang tinggal di HPK, setelah melaksanakan salat ied berjamaah.

Agenda ini dilaksanakan di kantin HPK dalam rangka menjalin silaturahmi, terutama dengan pekerja yang tidak pulang kampung di Hari Raya Idul Adha.

"InsyaAllah semua pengorbanan, dedikasi dan sumbangsih para pekerja dalam membangun IKN akan menjadi pahala dan amalan mereka," tutur Bambang dalam keterangan tertulis, Kamis (29/6/2023).

Selanjutnya, Kepala OIKN menyerahkan hewan kurban secara simbolis di Masjid Nurul Muttaqin Bumi Harapan, Sepaku.

BERITA TERKAIT

"Dengan ini kami menyerahkan hewan kurban, satu ekor sapi dan dua ekor kambing. Sekiranya bisa diberikan kepada yang berhak. Insya Allah kita semua selalu mendapatkan berkah dan inayah dari Allah SWT," ucapnya.

Baca juga: Soal Pengawas Asing di Proyek IKN, Luhut: Karena Mereka Kerja Lebih Cepat

Deputi Bidang Sosial, Budaya dan Pemberdayaan Masyarakat Alimuddin, menambahkan kegiatan ini dilaksanakan sebagai rasa syukur sekaligus bagian dari kebersamaan OIKN dengan masyarakat.

"Tentu kita ingin menjalin komunikasi dan kebersamaan dengan saling berbagi karena salah satu cita-cita IKN adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat," jelas Alimuddin.

Hewan kurban yang diberikan kepada warga terdiri dari satu ekor sapi atas nama Kepala OIKN Bambang Susantono dan keluarga, satu ekor kambing atas nama Deputi Bidang Transformasi Hijau dan Digital Mohammed Ali Berawi dan keluarga, serta satu ekor kambing atas nama Staf Khusus Bidang Keselamatan Publik IKN Brigjen Pol Edgar Diponegoro dan keluarga.

Sapi dan kambing tersebut dibeli dan dipilih langsung dari UKM milik warga sekitar IKN yang selanjutnya akan diserahkan ke dua desa di sekitar IKN, yaitu Desa Bukit Raya dan Desa Bumi Harapan.

Brigjen Edgar mengungkapkan, agenda ini merupakan upaya OIKN untuk mendekatkan diri kepada masyarakat.

Baca juga: Kalimantan Muda Indonesia Dukung Pembangunan IKN

"Kami berharap, keberadaan OIKN dapat menjadi pelengkap dalam hidup masyarakat di Kecamatan Sepaku," ujarnya.

Seorang Pekerja Kontruksi di IKN Wigi, menyatakan dirinya merasa senang dengan adanya agenda makan pagi bersama di Kantin HPK saat hari raya Idulal Adha.

"Alhamdulillah suasana gak jauh beda sama di kampung. Justru makin ramai karena bareng teman-teman, ditambah ada jamuan makan juga," jelasnya.

Turut hadir dalam kesempatan ini Deputi Bidang Sosial, Budaya, dan Pemberdayaan Masyarakat Alimuddin, Kepala Biro Umum dan Pengadaan Barang/Jasa Tito Gesit Utiarto, Kepala Biro Keuangan, Barang Milik Negara dan Aset Dalam Penguasaan Muji Budda’wah, Staf Khusus Bidang Keselamatan Publik IKN Brigjen Pol Edgar Diponegoro, serta Kepala Kantor OIKN Balikpapan Brigjen TNI AD Achmad Adipati Karnawidjaja.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas