Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Bom Militer yang Ditemukan di Negeri Soya Kota Ambon Dimusnahkan dengan Blesting Macing

Setelah nenda tersebut sudah hancur dan Tim Jibom sudah melakukan pembersihan dan mengamankan serpihan bom militer itu ke Mako Brimobda Maluku

Editor: Eko Sutriyanto
zoom-in Bom Militer yang Ditemukan di Negeri Soya Kota Ambon Dimusnahkan dengan Blesting Macing
Ist
Personel Jinak Bom (Jibom) Brimob Polda Maluku memusnahkan bom militer berjenis proyektil yang ditemukan di Negeri Soya, Ambon, Minggu (2/7/2023). 

Laporan Wartawan Tribun Ambon.com, Alfin Risanto

TRIBUNNEWS.COM, AMBON - Bom seberat 11,5 Kg itu ditemukan seorang anak saat bermain bersama teman-temannya di bawah pohon kelapa dekat rumahnya di Negeri Soya, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, Maluku, Minggu (2/7/2023) pukul 13.30 WIT.

Kasi Humas Polresta Pulau Ambon, Ipda Janete Luhukay mengatakan, anak yang menemukan bom tersebut bernama Juan Huwaa (8). 




Ia lantas  memberitahu ayahnya Agus Huwaa soal penemuan bom tersebut.

Agus Huwaa lalu melaporkan penemuan bom tersebut kepada Bhabinkamtibmas agar diamankan.

"Setelah dilaporkan, dapat diidentifikasi bom tersebut adalah bom militer berjenis proyektil," ujar Ipda Janete Luhukay kepada awak media, Minggu malam.

Janete menceritakan, benda ini ternyata pernah ditemukan oleh Bryan Huwaa (18), kakak dari Juan Huwaa (8) beberapa tahun lalu.

Baca juga: Polisi Amankan 10 Botol Bom Ikan yang Ditemukan Pemilik Warung di Pariaman Sumbar

BERITA TERKAIT

Benda berbahaya itu ditemukan di samping kuburan keluarga Huwaa.

Kemudian Bryan melaporkan kepada Leonara Huwaa dan saat itu ibunya juga memerintahkan untuk segera membuang bahan berbahaya itu.

Namun pada Minggu siang kemarin, benda tersebut ditemukan lagi oleh adiknya sendiri Juan Huwaa (8).

"Hampir tiga jam saat dilaporkan oleh Bhabinkamtibmas, personel Jinak Bom (Jibom) Brimob Polda Maluku langsung datang ke TKP dengan dipimpin Kapolsek Sirimau sekitar 16.30 Wit untuk dimusnahkan, " ucap Janete.

Sebelum dilakukan pemusnahan, personel Jibom melakukan sterilisasi pada lokasi pemusnahan di sekitar Jembatan Wai Erenguang Negeri Soya.

"Sekitar pukul 18.00 Wit, bom militer jenis Proyektil itu dimusnahkan dengan menggunakan blesting macing," tambah Janete.

Namun setelah dimusnahkan ternyata benda berbahaya itu belum hancur seutuhnya sehingga saat itu juga tim Jibom kembali melakukan pemusnahan tahap II.

"Benda tersebut sudah hancur dan Tim Jibom sudah melakukan pembersihan dan mengamankan serpihan bom militer itu ke Mako Brimobda Maluku, dan proses tersebut berjalan aman dan lancar," jelasnya.(*)

Artikel ini telah tayang di TribunAmbon.com dengan judul Sedang Bermain, Seorang Bocah Temukan Bom Militer Seberat 11,5 Kilogram di Negeri Soya Ambon

Sumber: Tribun Ambon
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas