Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Karyawan PKS Ensem Sawita Aceh Tewas Usai Terjatuh Masuk Penggilingan Ampas Tanda Buah Kelapa Sawit

Saat kejadian korban mengawasi proses pengelasan atau perbaikan oleh pekerja pengelasan di bagian pembakaran broiler PKS Ensem Sawita tersebut

Editor: Eko Sutriyanto
zoom-in Karyawan PKS Ensem Sawita Aceh Tewas Usai Terjatuh Masuk Penggilingan Ampas Tanda Buah Kelapa Sawit
net
Ilustrasi mayat - Seorang karyawan PKS Ensem Sawita di Kecamatan Birem Bayeun, Aceh Timur bernama Jumihar  Sitanggang (53) meninggal dunia dalam kondisi mengenaskan, Senin (24/7/2023) sore 

Laporan Wartawan Serambi Indonesia Zubir

TRIBUNNEWS.COM, LANGSA - Seorang karyawan PKS Ensem Sawita di Kecamatan Birem Bayeun, Aceh Timur bernama Jumihar  Sitanggang (53) meninggal dunia dalam kondisi mengenaskan, Senin (24/7/2023) sore.

Tubuh Asisten Proses PKS masuk ke penggilingan ampas tanda buah kelapa sawit.

Bagian tubuh korban luka parah dan kaki serta tangan patah (remuk).




Kapolres Langsa AKBP Muhammadun, SH, melalui Kasat Reskrim, AKP Yoga Panji Prasetya, SIK menyebutkan kronologis kejadian, sebelum insiden ini terjadi, saat itu korban sedang mengawasi perbaikan kerusakan mesin. 

Kemudian, korban berjalan ke ujung dan ketika korban sedang berjalan lantai yang korban injak rubuh ke bawah sehingga korban terperosok ke dalam jalur conveyor (ampas buah sawit) mesin tersebut.

Kemudian saksi Iskandar langsung berlari ke bawah mematikan panel mesin Conveyor yang sedang berjalan namun korban tidak bisa diselamatkan, Jumhar Sitanggang, meninggal dunia di conveyor mesin tersebut.

Baca juga: 15 Korban Tewas Korban Kapal Tenggelam Semuanya Warga Desa Lagili, Dimakamkan Satu Liang Lahad

Korban meninggal dunia degan kondisi mengenaskan akibat masuk ke dalam mesin penggilingan ampas buah kelapa sawit, Jumihar Sitanggang, sempat menjerit minta tolong saat insiden menimpanya ini. 

BERITA TERKAIT

"Korban saat itu terpeleset karena ada besi yang rapuh patah pada rantai penghilang, sehingga ia langsung terjatuh ke mesin itu," ujar sumber kepada Serambinews.com, yang namanya minta tak disebut.

Menurut sumber ini, setelah terjatuh ke mesin penggilingan itu korban sempat meminta tolong, namun kondisi pekerja lain yang ada di sana tak bisa berbuat banyak, hingga akhirnya ia meninggal di lokasi.

Petugas medis Forensik RSUD Langsa saat melakukan visum at vertum jenazah korban Jumhar Sitanggang di ruang forensik rumah sakit tersebut, Senin (24/7/2023)
Petugas medis Forensik RSUD Langsa saat melakukan visum at vertum jenazah korban Jumhar Sitanggang di ruang forensik rumah sakit tersebut, Senin (24/7/2023) (Humas RSUD Langsa)

Jumhar Sitanggang sedang mengawasi proses pengelasan atau perbaikan oleh pekerja pengelasan di bagian pembakaran broiler PKS Ensem Sawita tersebut. 

Pascainsiden ini, operasional mesin PKS tersebut dimatikan dan aktivitas produksi pengolahan CPO dari tandan buah segar buah kelapa sawit dihentikan.

Berdasarkan keterangan dokter Forensik RSUD Langsa, Dr Netty Herawati menyebutkan kondisi korban antara lain mengalami luka terbuka pada kepala kiri, lengan kanan disertai luka robek dan lecet, luka terbuka dari paha kanan hingga paha kiri. 

Selain itu, juga ada luka robek di bawah dagu kemudian patah tulang kaki kanan disertai luka robek, dan di lengan kiri ada beberapa luka gores lecet.

Selanjutnya ada ditemukan memar pada lengan atas dan bawah sebelah kiri, di kaki sebelah kiri disertai luka terbuka dan patah tulang.

Kemudian  memar pada tubuh dekat kepala, dada bagian depan bahu sebelah kiri yang diduga disebabkan oleh trauma tajam dan tumpul. 

Humas RSUD Langsa Arwinsyah, SKM, kepada Serambinews.com, mengatakan, korban Jumhar Sitanggang sudah dalam kondisi meningal dunia saat dibawa ke RSUD Langsa.

"Informasi sementara keluarga korban akan membawa pulang jenazah korban dari RSUD Langsa ke rumah duka malam ini juga (senin-red)," pungksnya. 

Artikel ini telah tayang di SerambiNews.com dengan judul Ini Hasil Visum Dokter Forensik RSUD Langsa Atas Karyawan PKS Meninggal Jatuh ke Mesin Penggilingan

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas