Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Keracunan Makanan di Bandung Barat Tewaskan 1 Siswa SD, Pedagang Jajanan Diperiksa

Puluhan siswa di KBB alami keracunan karena cimin yang dibeli di sekitar sekolah. Satu siswa dinyatakan meninggal karena miliki riwayat penyakit.

Editor: Abdul Muhaimin
zoom-in Keracunan Makanan di Bandung Barat Tewaskan 1 Siswa SD, Pedagang Jajanan Diperiksa
earthclinic.com
Ilustrasi keracunan makanan. Satu siswa SD di Kabupaten Bandung Barat meninggal usai keracunan makanan. 

TRIBUNNEWS.COM - Satu siswa SD di Kabupaten Bandung Barat (KBB) berinisial bernama Rula Nurun Nazmah (9) meninggal karena keracunan makanan.

Siswa kelas 3 SD tersebut sempat mengkonsumsi aci mini alias cimin sebelum meninggal.

Sehari setelah mengkonsumsi jajanan tersebut, korban meninggal pada Rabu (27/9/2023) malam.




Selain Rula, ada 33 siswa lain yang juga mengalami keracunan makanan dan kini masih dirawat.

Untuk mengungkap kasus ini, polisi memeriksa pedagang cimin yang berjualan di SDN Jati 3, Desa Saguling, Kecamatan Saguling, KBB.

Baca juga: 34 Siswa SD di Bandung Barat Keracunan Makanan, 1 Siswa Meninggal karena Punya Penyakit Bawaan

"Pedagang yang menjual cimin sedang kita lakukan pemeriksaan di Mapolsek Batujajar," ujar Kapolres Cimahi AKBP Aldi Subartono saat ditemui di Puskesmas Saguling, Kamis (28/9/2023).

Pemeriksaan tersebut, kata Aldi, dilakukan untuk menggali informasi dari pedagang terkait terjadinya peristiwa keracunan massal yang dialami oleh puluhan siswa hingga satu di antaranya meninggal dunia.

BERITA TERKAIT

"Kami mendapat informasi bahwa pada hari Selasa di SDN Jati 3 ketika istirahat membeli makanan cimin, kemudian setelah itu banyak yang perutnya sakit dan sebagainya, kemudian dibawa ke Puskesmas Saguling," katanya.

Aldi mengatakan, berdasarkan data yang diterimanya, ada 34 siswa yang mengalami keracunan tersebut dan satu orang di antaranya meninggal dunia, sehingga pihaknya langsung melakukan penyelidikan terkait kasus ini.

Selain melakukan pemeriksaan terhadap pedagang cimin itu, pihaknya juga sudah mengambil sampel makanan tersebut untuk dilakukan uji laboratorium di Labkesda Jabar.

"Kami dari Polres Cimahi dan Polsek Batujajar, mengambil langkah-langkah. Pertama mengambil sampel makanan yang dijual oleh pedagang dan pedagang yang menjual sedang kita lakukan pemeriksaan," ucap Aldi.

Baca juga: Puluhan Siswa SD di KBB Keracunan Jajanan Cimin, 1 Orang Meninggal, Alami Mual hingga Diare

Sementara untuk kondisi pasien atau korban keracunan yang mendapat perawatan di Puskesmas Saguling itu kondisinya sudah membaik dan dalam waktu dekat ini mereka sudah bisa ke rumahnya masing-masing.

"Untuk sekarang kondisinya sudah stabil dan membaik, mudah-mudahan hari ini kondisinya terus membaik, sehingga mereka bisa segera pulang," katanya.

Korban Miliki Penyakit Penyerta

Halaman
123
Sumber: Tribun Jabar
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas