Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Tanamkan Kebersamaan, Petebu Ganjar dan Perajin Tahu Tempe Gotong Royong Bersihkan Anak Sungai Musi

Gotong royong menggunakan perahu dari bantuan relawan Petebu untuk menormalisasi anak sungai Musi ini supaya lancar aliran air.

Penulis: Adi Suhendi
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Tanamkan Kebersamaan, Petebu Ganjar dan Perajin Tahu Tempe Gotong Royong Bersihkan Anak Sungai Musi
HO
Aksi bersih-bersih anak sungai Musi di Jalan Macan Lindungan, Kelurahan Bukit Baru, Kecamatan Ilir Barat I, Kota Palembang, Sumatera Selatan pada Minggu (15/10/2023). 

TRUBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sukarelawan Petani Tebu Bersatu (Petebu) Dukung Ganjar menginisiasi kegiatan normalisasi anak sungai Musi bersama ratusan pengrajin tahu tempe di Jalan Macan Lindungan, Kelurahan Bukit Baru, Kecamatan Ilir Barat I, Kota Palembang, Sumatera Selatan pada Minggu (15/10/2023).

Mereka antusias bergotong royong membersihkan sungai.

Ada yang mengangkat sampah di atas perahu bantuan dari Petebu, bahkan ada pula yang nekat terjun langsung ke anak sungai meski badannya dipenuhi lumpur hitam.

Baca juga: Warga Gandos Palembang Dilaporkan Hilang, Diduga Tenggelam di Sungai Musi

Koordinator Wilayah Petebu Sumsel Meri Komari mengatakan aksi sosial ini diadakan untuk menanamkan jiwa kebersamaan warga sekitar.

"Lagi gotong royong bakti sosial dalam rangka relawan Petebu yang mendukung Pak Ganjar untuk menormalisasi anak sungai Musi yang kami kerjakan bersama pengrajin tahu tempe," ujar Komari dalam keterangan yang diterima.

"Ini gotong royong menggunakan perahu dari bantuan relawan Petebu untuk menormalisasi anak sungai Musi ini supaya lancar (alirannya). Untuk menanamkan kebersamaan warga, kebersamaan anak bangsa," lanjut dia.

Berbekal alat seadanya mereka begitu bersemangat membersihkan tumbuhan liar yang ada di sepanjang aliran anak sungai.

BERITA TERKAIT

Sampah yang berhasil dikumpulkan pun dibuang hingga aliran air anak sungai Musi makin lancar.

Aksi ini menjadi persiapan jika daerah tersebut memasuki musim penghujan.

Sehingga, aliran anak sungai tidak macet jika terjadi hujan deras.

"Sangat antusias sekali untuk gotong royong ini, sampai terjun ke sungai membersihkan eceng gondok itu supaya lancar airnya ketika turun air hujan. Gak lama lagi musim penghujan, jadi perlu dibersihkan saluran anak sungai Musi ini supaya lancar," jelas Komari.

Sebelum diadakan gotong royong, Petebu Ganjar bersama pengrajin tahu tempe terlebih dahulu melakukan deklarasi dukungan untuk calon presiden Ganjar Pranowo.

Mereka juga membubuhkan ratusan tanda tangan sebagai bukti komitmen kesiapan mereka dalam memenangkan Ganjar menjadi Presiden 2024.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas