Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kadis PMD Jawa Barat Ditunjuk Jadi Pj Wali Kota Cimahi Gantikan Dikdik Suratno

Kadis PMD Jawa Barat Dicky Saromi akan memimpin Kota Cimahi selama satu tahun ke depan.

Editor: Erik S
zoom-in Kadis PMD Jawa Barat Ditunjuk Jadi Pj Wali Kota Cimahi Gantikan Dikdik Suratno
Tribun Jabar/Syarif Pulloh Anwari
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat, Dicky Syaromi, saat ditemui Tribun Jabar di Kantor BPBD Jabar, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung, Senin, (29/10/2018). 

TRIBUNNEWS.COM, CIMAHI - Masa jabatan Dikdik Suratno Nugrahawan sebagai Pj Wali Kota Cimahi provinsi Jawa Barat tidak diperpanjang yang habis pada 22 Oktober 2023.

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) kemudian menunjuk Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Provinsi Jawa Barat, Dicky Saromi menggantikan Dikdik.

Dicky akan memimpin Kota Cimahi selama satu tahun ke depan.

Baca juga: Ketua DPRD Cimahi Sesalkan Mendagri Umbar Alasan Pencopotan Pj Wali Kota Cimahi karena Inflasi

Sebelumnya Dicky diusulkan bersama Dikdik Suratno Nugrahawan dan Kepala BPSDM Provinsi Jawa Barat, Hery Antasari menjadi Pj wali kota Cimahi.

Pj Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin mengatakan, terkait penunjukan Dicky Saromi sebagai Pj Wali Kota Cimahi sudah mendapat surat resmi dari Kemendagri.

"Saya sudah terima suratnya (Pj Wali Kota Cimahi) Pak Dicky Saromi, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa," ujarnya di Mason Pine Hotel, Kota Baru Parahyangan, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jumat (20/10/2023).

Bey mengatakan, setelah mendapat surat itu pihaknya akan langsung melantik Dicky sebagai Pj Wali Kota Cimahi pada 22 Oktober 2023 sesuai dengan masa berakhirnya penugasan Dikdik Suratno Nugrahawan.

BERITA REKOMENDASI

"Ya, nanti hari Minggu akan dilantik di Gedung Sate, tapi mungkin siang atau sore karena Pak Dicky nya ada acara hari santri di Tasik," kata Bey.

Baca juga: Fakta-fakta Pj Wali Kota Cimahi Dicopot Mendagri, Alasan hingga Kabar Terbaru Masih Bekerja

Sementara setelah jabatannya diganti Dicky, Dikdik dipastikan bakal kembali menjabat sebagai Sekda Kota Cimahi karena sebelum menjabat Pj Wali Kota Cimahi, Didik yang merupakan seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) itu memang menjabat sebagai Sekda.

"Saya secara definitif jabatannya adalah Sekretaris Daerah (Sekda). Ketika tidak dilanjutkan dalam kapasitas sebagai penjabat Walikota, tentu saya kembali kepada jabatan definitif ini, tetap menjadi Sekda," ujarnya Dikdik beberapa waktu lalu.

 
Ia mengatakan, selama menjabat sebagai Pj Wali Kota Cimahi sudah melakukan penanggulangan inflasi hingga akhirnya laju inflasi di Kota Cimahi menurun, namun masalah tersebut tetap saja berujung pada pencopotan jabatannya.

"Pengendalian inflasi ini dari waktu ke waktu sudah sedemikian intensif dan faktanya pun bisa terlihat dari hasil yang ada saya sampaikan," katanya.

Baca juga: Mengaku Bukan Dicopot, Pj Wali Kota Cimahi Sebut Jabatannya Tidak Diperpanjang

Ia mengatakan, pada Januari 2023, laju inflasi di Kota Cimahi mencapai 7 persen, namun setelah dilakukan penanggulangan pada Oktober 2023 menurun menjadi 2,3 persen.

"Itu hasil kerja keras dari tim pengendali inflasi Kota Cimahi, dan hasilnya inflasi di Kota Cimahi memang di bawah rata-rata Jawa Barat," ucap Dikdik. (*)

Penulis: Hilman Kamaludin

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul Dicky Saromi Dipastikan Akan Gantikan Dikdik Sebagai Pj Wali Kota Cimahi, Dilantik Akhir Pekan Ini

Sumber: Tribun Jabar
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas