Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Alami Bonus Demografi, Indonesia Disebut Butuh Kepemimpinan Muda Progresif 

Indonesia saat ini membutuhkan kepemimpinan muda progresif, terutama di tengah kondisi bonus demografi.

Penulis: Chaerul Umam
Editor: Theresia Felisiani
zoom-in Alami Bonus Demografi, Indonesia Disebut Butuh Kepemimpinan Muda Progresif 
Ist
Virgiawan Satriya Khrisdianto resmi dilantik sebagai Ketua DPW Perhimpunan Rakyat Progresif (PRP) Kalimantan Tengah (Kalteng) oleh Sekjen DPP PRP, M. Huda Prayoga di Hotel Aurila, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah. / istimewa 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Indonesia saat ini membutuhkan kepemimpinan muda progresif, terutama di tengah kondisi bonus demografi di mana jumlah penduduk usia produktif lebih banyak ketimbang jumlah penduduk usia non-produktif.

Hal tersebut diungkapkan oleh Virgiawan Satriya Khrisdianto usai resmi dilantik sebagai Ketua DPW Perhimpunan Rakyat Progresif (PRP) Kalimantan Tengah (Kalteng) oleh Sekjen DPP PRP, M. Huda Prayoga di Hotel Aurila, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah.

"Indonesia membutuhkan kepemimpinan muda progresif yang berkiprah di segala sektor. Apalagi, generasi muda yang terdiri dari milenial dan generasi Z merupakan populasi dominan dalam demografi penduduk Indonesia saat ini," kata Virgi, kepada wartawan Selasa (24/10/2023).  

Baca juga: PSI: Kalau Umurnya Dirata-rata, Pak Prabowo dan Mas Gibran Paling Muda




Menurut Virgi, demografi yang besar dan dominan tersebut menjadikan generasi muda sebagai generasi yang menentukan arah perjalanan bangsa ke depannya. 

"Generasi muda dengan aspirasi generasinya akan menjadi narasi utama di republik ini," ujarnya.

Dalam kondisi demikian, Virgi menilai kepemimpinan muda menjadi sangat penting dan sangat strategis dalam lanskap kepemimpinan nasional.

"Karena yang tahu persoalan dan aspirasi generasi muda ya pemimpin muda. Di sinilah letak strategisnya kepemimpinan muda tersebut," ucap Virgi.  

Virgiawan Satriya Khrisdianto resmi dilantik sebagai Ketua DPW Perhimpunan Rakyat Progresif (PRP) Kalimantan Tengah (Kalteng) oleh Sekjen DPP PRP, M. Huda Prayoga di Hotel Aurila, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah. / istimewa
Virgiawan Satriya Khrisdianto resmi dilantik sebagai Ketua DPW Perhimpunan Rakyat Progresif (PRP) Kalimantan Tengah (Kalteng) oleh Sekjen DPP PRP, M. Huda Prayoga di Hotel Aurila, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah. / istimewa (Ist)
BERITA TERKAIT

Virgi juga menyampaikan bahwa para pendiri republik ini merupakan generasi muda pada masanya, yang bergulat dengan segala persoalan dan aspirasi bangsanya demi cita-cita kemerdekaan.   

"Sehingga, kepemimpinan muda telah menubuh dalam kepemimpinan republik ini," kata Virgi.

"Apalagi, dengan kondisi dominasi generasi muda dalam demografi penduduk Indonesia saat ini, kepemimpinan muda menjadi semakin relevan dan semakin strategis," pungkasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas