Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Viral Detik-detik 2 Orang Tipu Lansia, Ngaku Petugas Puskesmas yang Akan Beri Hadiah tapi Minta Uang

Seorang pria dan wanita di Malang, Jawa Timur mengaku sebagai petugas puskesmas untuk menipu warga lansia dengan modus akan memberikan hadiah.

Penulis: Linda Nur Dewi R
Editor: Garudea Prabawati
zoom-in Viral Detik-detik 2 Orang Tipu Lansia, Ngaku Petugas Puskesmas yang Akan Beri Hadiah tapi Minta Uang
Instagram @info_malang
Tangkapan layar detik-detik pelaku penipuan di Malang, Jawa Timur mengelabuhi korbannya yang sudah lansia dengan mengaku-ngaku sebagai petugas puskesmas yang akan memberikan hadiah berupa televisi (TV) pada Minggu (29/10/2023). 

TRIBUNNEWS.COM – Sebuah video yang memperlihatkan rekaman kamera CCTV aksi seorang pria dan wanita disebut melakukan penipuan ke warga lanjut usia (lansia) viral di media sosial.

Melalui unggahan di akun Instagram @info_malang Minggu (29/10/2023) terlihat mulanya seorang pria berbaju batik dan menggunakan celana hitam keluar dari sebuah rumah.

Tak lama kemudian, pria tersebut disusul wanita yang juga menggunakan baju batik dan celana jeans.

Sekilas gerak-gerik pria dan wanita yang tertangkap kamera CCTV tersebut tak terlihat aneh.

Namun, rupanya dua orang berbaju batik itu disebut baru saja melakukan penipuan kepada seorang kakek dan mengaku sebagai petugas puskesmas.

“Seorang warga Ketawanggede gg 6 menjadi korban penipuan yg mengaku sebagai petugas puskesmas dan memberikan hadiah. Harap waspada jika didatangi orang yg mengaku memberikan hadiah dan meminta uang,” tulis keterangan dalam unggahan tersebut.

Baca juga: Viral Pelajar di Bandar Lampung Meninggal Dunia Diduga Dikeroyok, Disebut Sempat Ada Tawuran

Peristiwa tersebut terjadi di kawasan Jalan Kertorejo, Kelurahan Ketawanggede, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang, Sabtu (28/10/2023) sekiranya pukul 14.05 WIB.

BERITA TERKAIT

Ketua RW setempat, Medhi Harsono mengatakan korban bernama Jais (87) mengaku dibuntuti oleh para pelaku usai membeli bakso tak jauh dari kediamannya.

Korban yang sudah lanjut usia ini rupanya tinggal seorang diri di rumah lantaran anak-anaknya sudah berkeluarga dan memiliki rumah masing-masing.

"Ketika itu, korban yang bernama Jais (87) membeli bakso tidak jauh dari kediamannya. Saat korban pulang ke rumahnya itu, ternyata dibuntuti oleh dua orang yaitu perempuan dan laki-laki. Kedua pelaku tiba-tiba ikut masuk ke rumah korban dan bilang dari Puskesmas Dinoyo, Selasa (31/10/2023), dikutip dari TribunJatim.

Usai masuk ke rumah Jais, kedua pelaku lantas bertanya kepada korban apakah telah mendapat vaksin Covid-19.

Saat korban menjawab sudah mendapatkan vaksin, pelaku kemudian mengambil kesempatan untuk menipu Jais dengan mengatakan kakek berusia 87 tahun itu mendapatkan hadiah televisi (TV).

Pelaku kemudian meminta sejumlah uang kepada Jais dengan alasan untuk menebus hadiah tersebut.

"Awalnya, diminta bayar uang pajak hadiah sebesar Rp800 ribu. Tapi korban hanya punya uang Rp 500 ribu. Akhirnya, uang tersebut diberikan kepada pelaku, lalu pelaku yang laki-laki meninggalkan rumah dengan alasan mau ambil hadiah televisinya," bebernya.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas