Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Puting Beliung Terjang Sumedang, Pemprov Jabar Siapkan Tenda Darurat hingga Dapur Umum

Pendirian tenda darurat dan dapur umum itu pun telah dikoordinasikan dengan BPBD, TNI, Polri, serta pihak lainnya.

Editor: Erik S
zoom-in Puting Beliung Terjang Sumedang, Pemprov Jabar Siapkan Tenda Darurat hingga Dapur Umum
Tribun Jabar/Gani Kurniawan
Warga melintasi tiang listrik yang roboh di kawasan industri di Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Kamis (22/2/2024). Tiang listrik tersebut roboh dampak dari angin puting beliung yang terjadi pada Rabu, 21 Februari 2024 sekitar pukul 15.30 WIB. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat menjelaskan angin puting beliung ini menerjang lima kecamatan di Kabupaten Sumedang dan Kabupaten Bandung yang mengakibatkan 534 bangunan terdiri dari rumah, toko, dan pabrik mengalami rusak ringan hingga berat, juga juga membuat 33 orang mengalami luka-luka. TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN 

TRIBUNNEWS.COM, MAJALENGKA - Pemprov Jabar menyiapkan tenda darurat hingga dapur umum untuk membantu warga terdampak puting beliung di Kabupaten Sumedang.

Penjabat Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin, mengatakan, pendirian tenda darurat dan dapur umum itu pun telah dikoordinasikan dengan BPBD, TNI, Polri, serta pihak lainnya.

Pihaknya juga memastikan, petugas gabungan juga tengah membangun tenda darurat tersebut sehingga dapat digunakan sebagai pengungsian sementara warga terdampak bencana.

Baca juga: BRIN Ungkap Penyebab Puting Beliung di Bandung dan Sumedang hingga Belasan Pabrik Porak-poranda

"(Tenda dan dapur umum) sudah disiapkan, dan hari ini langsung dibangun oleh petugas gabungan," ujar Bey Machmudin saat ditemui saat menghadiri acara Gerakan Pangan Murah di Taman Bagja Raharja di Jalan Letkol Abdul Gani, Kecamatan/Kabupaten Majalengka, Jumat (23/2/2024).

Dia mengatakan, saat ini dapur umum juga tengah dibangun dan nantinya akan menyuplai kebutuhan makanan maupun minuman kepada warga terdampak puting beliung.

Bahkan, menurut dia, tenda darurat dan dapur umum bakal disiapkan di dua lokasi terdampak bencana paling parah, yakni Rancaekek, Kabupaten Bandung, serta Jatinangor, Kabupaten Sumedang.

"Langkah-langkah penanganan bencananya sudah disiapkan untuk menanggulangi dampak bencana ini, dan petugas gabungan juga disebar di lokasi untuk membantu warga," kata Bey Machmudin.

BERITA TERKAIT

Bey juga memastikan, penanganan pascabencana yang dilaksanakan Pemkab Sumedang juga berjalan lancar, khususnya untuk membantu seluruh warga terdampak.

Ia menyampaikan, masa tanggap darurat bencana puting beliung juga sudah ditetapkan Pemkab Sumedang hingga 29 Februari 2024.

"Penanganan bencana dari Pemkab Sumedang ini sudah sangat baik dan cepat, termasuk penggunaan anggaran BTT untuk memperbaiki rumah warga terdampak bencana," ujar Bey Machmudin. (*)

Sumber: Tribun Jabar
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas