Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Rekonstruksi Pembunuhan Indriana: Caleg DPR RI Gunakan Ponsel Korban Kirim Makanan ke Orangtua

Devara menggunakan ponsel Dewi menghubungi orangtua Dewi agar orangtua tidak menaruh curiga anaknya telah dibunuh

Editor: Erik S
zoom-in Rekonstruksi Pembunuhan Indriana: Caleg DPR RI Gunakan Ponsel Korban Kirim Makanan ke Orangtua
Tribuncirebon.com/Eki Yulianto
Rekonstruksi atau reka ulang adegan kasus pembunuhan Indriana Dewi Eka Saputri (24) juga digelar di Kota Cirebon, Jumat (8/3/2024) 

TRIBUNNEWS.COM, BANDUNG - Devara Putri Prananda ternyata menghubungi orangtua Indriana Dewi Eka (25) setelah Devara dan dua tersangka lainnya menghabisi Indriana.

Keterangan tersebut diperoleh berdasarkan rekonstruksi pembunuhan yang dilakukan Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Jabar, Jumat (8/3/2024).

Dalam rekonstruksi tersebut, para tersangka memperagakan 24 adegan.

Baca juga: Devara Caleg DPR RI yang Jadi Tersangka Pembunuhan Pernah Dihasihati Tantenya Agar Jauhi Didot




Direktur Reserse Kriminal Umum (Direskrimum) Polda Jabar, Surawan mengatakan, rekontruksi dilakukan di Polsek Babakanmadang, Bogor, Cirebon dan Banjar, pada Kamis 7 Maret 2024.

"Ada 24 adegan, tujuh tempat kejadian perkara (TKP) seperti di tempat kos DP, di bengkel dan di apartemen," ujar Surawan Jumat (8/3/2024).

Dari hasil rekontruksi itu, kata dia, penyidik mendapatkan gambaran lebih detail bagaimana peristiwa pembunuhan terhadap Indriana dilakukan para pelaku, mulai dari perencanaan hingga mengeksekusi korban.

"Intinya, pada saat rekontruksi sudah mendapatkan gambaran utuh peristiwa terjadi, mulai rencana sampai pelaksanaan eksekusi," katanya.

BERITA TERKAIT

Dari rekontruksi juga, kata dia, terungkap bahwa Devara yang juga Caleg DPR RI sempat menghubungi orangtua korban menggunakan nomor telepon korban dan mengirimkan makanan.

"Usai melakukan eksekusi, tersangka berusaha agar orangtua korban tidak curiga dengan mengabarkan korban akan mengirim makanan ke orangtua. Pengiriman makanan dilakukan oleh DP (Devara) setelah mendapatkan kode dari DA (Dewi)," ucapnya.

Setelah didatangi pelaku yang berpura-pura mengantarkan makanan pesanan korban, orangtua korban kemudian mencoba menghubungi, namun tidak ada jawaban.

"Setelah dikonfirmasi telepon korban tidak pernah diangkat, orangtua curiga dan menjadi bahan kita melacak para pelaku," ucapnya.

Setelah peristiwa itu, pihaknya berhasil melacak pelaku dari informasi orangtua, bahwa korban pergi dengan kekasihnya berinisial DA (Didot Alfiansyah).

Baca juga: Detik-detik Indriana Dieksekusi di Bogor, Terungkap Kode Didot Pacar Caleg DPR Devara ke Eksekutor

Pengungkapan para pelaku pun, kata dia, dilakukan setelah meminta keterangan orangtua korban dan melacak nomor telepon milik korban yang masih aktif.

"Setelah eksekusi, handphone korban masih aktif mengirim pesan kepada orangtuanya," katanya. 

Devara gemetar

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas