Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribunners

Blog Tribunners

Program TMMD, TNI Salurkan Air Bersih ke Warga Desa Kalianan di Lereng Gunung Argopuro 

TNI melakukan pipanisasi sepanjang 2500 meter untuk mengalirkan air bersih dari air terjun Darungan ke warga di Lereng Gunung Argopuro

Penulis: willy Widianto
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Program TMMD, TNI Salurkan Air Bersih ke Warga Desa Kalianan di Lereng Gunung Argopuro 
HandOut/IST
Anggota Satgas TMMD bersama warga bergotong-royong dalam pengerjaan pipanisasi penyaluran air bersih ke Desa Kalianan dari air terjun Darungan dengan jarak 2.500 meter di di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. 

Oleh

Letkol Arm Heri Budiasto

Dansatgas TMMD Kodim 0820/Probolinggo

 

DESA Kalianan merupakan salah satu daerah terpencil di Kabupaten Probolinggo, di mana masih banyak dijumpai hutan menghijau, air terjun begitu deras dengan air bersih yang cocok untuk pariwisata.

Begitu juga dengan jalan dari Kota Pobolinggo hingga ke Desa Kalianan ini, kita akan disuguhi dengan jalan-jalan berliku dan naik turun dengan pemandangan alam yang asri.

Di sepanjang perjalanan, kita bisa melihat kebun-kebun kol dan juga tanaman bawang begitu lebat.

BERITA TERKAIT

Udara di sini terasa segar dan sejuk, jauh dari polusi kota besar. Masyarakat Desa Kalianan sangat ramah dan selalu menyambut para pengunjung dengan senyuman hangat.

Mereka masih memegang teguh adat istiadat dan tradisi lokal, seperti upacara adat dan tarian tradisional.

Desa ini juga terkenal dengan kuliner khasnya, seperti nasi jagung, pecel, dan aneka olahan ikan sungai, serta susu murni yang dikelola oleh Koperasi Unit Desa setempat.

Dengan potensi alam luar biasa dan kekayaan budayanya, Desa Kalianan merupakan destinasi ideal bagi wisatawan untuk mencari ketenangan dan keindahan alami.

Setiap sudut desa ini menawarkan pengalaman mengesankan dan tak terlupakan, mulai dari petualangan di hutan, berenang di bawah air terjun hingga berinteraksi dengan penduduk lokal yang penuh keramahan. Tanpa diragukan lagi, Desa Kalianan adalah permata tersembunyi yang patut dijelajahi dan dinikmati.

Namun, ada satu hal yang sangat menyayat hati, di mana Desa Kalianan ini sangat sulit mengakses air bersih karena tidak adanya letak sumber air di desa tersebut.

Mereka harus rela menyalurkan pipa dari air terjun Darungan dengan jarak 2.500 meter agar mendapatkan air bersih di rumahnya untuk kebutuhan sehari-hari.

Halaman
1234

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of

asia sustainability impact consortium

Follow our mission at sustainabilityimpactconsortium.asia

Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
berita POPULER
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas